Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 3 BAB 11 Sesi 1


Arti Zikir dan Doa

         Assalamu’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh

Anak-anakku soleh dan solehah.

Berjumpa lagi dengan saya ibu/bapak ….

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiat.

Namun sebelumnya, bagi kalian yang belum subscribe chanel PAI TV silahkan subscribe dulu ya… tekan tombol like, share, dan coment, agar chanel ini bisa terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kita semua.

Baiklah anak -anak yang sholeh sholeha, sebelum belajar kita mulai, terlebih dahulu kita membaca doa sebelum belajar agar apa yang kita pelajari hari ini bisa bermanfaat dan mudah kita fahami. Aamiin

Auzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmaanirrahim, Robbi zidni ilman, warzuqni fahman.

1     1. Arti Zikir

            Zikir artinya mengingat Allah Swt. Zikir dilakukan dengan cara mengucapkan bacaan atau lafal-lafal tertentu untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Berzikir kepada Allah Swt. dapat dilakukan sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring. Dengan berzikir kepada Allah Swt. hati kita akan menjadi tenteram. 

       Allah Swt. berfirman dalam al-Qur’an:

Materi PAI Daring Kelas 3 SD/MI Pembelajaran 11
Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir sebanyakbanyaknya". (Q.S. al-Ahzab/33:41)

       Allah Swt. berfirman dalam al-Qur’an:

Materi PAI Daring Kelas 3 SD/MI Pembelajaran 11
Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram. (Q.S. ar-Ra’d/13:28)

     2. Arti Doa

          Doa artinya memohon sesuatu. Doa diartikan pula memohon perlindungan kepada Allah Swt. dengan merendahkan diri dan tunduk kepada-Nya. Bagi orang yang beriman, yang ingin mendapatkan keberhasilan dan kebahagiaan di dunia dan di akhirat, maka harus berusaha dan berdoa kepada Allah Swt.

       Allah Swt. berfirman dalam al-Qur’an:

Materi PAI Daring Kelas 3 SD/MI Pembelajaran 11

     Artinya: “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas". (Q.S. alA’raf/7:55)

       Allah Swt. berfirman dalam al-Qur’an:

Materi PAI Daring Kelas 3 SD/MI Pembelajaran 11

     Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu ....". (Q.S. alMu’min/40:60)

Mari kita akhiri dengan bacaan hamdalah  doa kafaratul majlis . alhamdulilaahirobbil’alamiin subhanakalaahumma wabihamdika asyhadu anla ilahailla anta astaghfiruka waatuubu ilaik.

Wassalamu’alaikumwarohmatullaahi wabarokaatuh

Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!! 

Arti Zikir dan Doa


v

LihatTutupKomentar