Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 3 BAB 2 Sesi 3

 SENANGNYA BELAJAR QS. AN-NASHR


Anak-anak yang shalih dan shalihah

Asbabun Nuzul berarti sebab-sebab turunnya Surah atau sejumlah ayat Al-Qur’an. Surah an-Nashr diterima Nabi Muhammad saw. pada saat kaum muslimin memperoleh kemenangan dalam penaklukan kota Makkah dengan cara mengepung dari berbagai arah.

Surah tersebut diturunkan sebagai kabar gembira atas masuknya orang-orang Quraisy Makkah ke dalam agama Allah Swt. saat peristiwa penaklukan kota Makkah. Jadi, asbabun nuzul dari Surah an-Nashr adalah kemenangan kaum muslimin dalam penaklukan kota Makkah.

Perhatikan Terjemah Al-Quran per kata berikut

Surat an-Nashr, dikenal juga dengan sebutan surat at-Taudi’. Surat yang berjumlah tiga ayat ini

disepakati oleh para ulama sebagai madaniyyah. Maksudnya, turun setelah peristiwa hijrah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ke Madinah, dan termasuk surat yang terakhir diturunkan.

Kata nashr, artinya al ‘aun (pertolongan) Yang dimaksud dengan nasrullah dalam ayat ini, menurut Ibnu Rajab rahimahullah ialah pertolongan-Nya bagi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam saat berhadapan dengan musuh musuhnya, sehingga berhasil beliau menundukkan bangsa ‘Arab semuanya dan berkuasa atas mereka, termasuk atas suku Quraisy, Hawazin dan suku-suku lainnya

Adapun pengertian al fathu pada surat ini adalah fathu Makkah. Yakni penaklukan kota suci Mekkah. Ibnu Katsir rahimahullah berkata,”Yang dimaksud dengan al fathu yaitu fathu Makkah. (Ini merupakan) sebuah pendapat yang sudah bulat.

Ibnu Katsir rahimahullah juga memberi penjelasan: “Saat terjadi peristiwa penaklukan Mekkah, orang-orang memeluk agama Allah secara berbondong bondong. Belum lewat dua tahun, Jazirah Arab sudah tersirami oleh keimanan dan tidak ada simbol di seluruh suku Arab, kecuali simbol Islam.

Sejumlah sahabat mengartikan ayat ini dengan berkata: “(Maksudnya) Allah memerintahkan kami

untuk memuji dan memohon ampunan kepada-Nya, manakala pertolongan Allah telah tiba dan sudah menaklukkan (daerah-daerah) bagi kita”

Allah Maha menerima taubat orang-orang yang bertasbih dan memohon ampunan. Dia mengampuni, merahmati mereka dan menerima taubat mereka. Apabila Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam saja yang sudah ma’shum (terpelihara dari dosa-dosa) diperintahkan untuk beristighfar, maka bagaimanakah dengan orang lain?

Selain makna yang sudah dikemukakan di atas, juga terdapat pengertian lain yang terkandung dalam surat yang mulia ini. Menurut Syaikh ‘Abdur-Rahman as-Sa’di rahimahullah, ayat ini menjadi isyarat mengenai (datangnya) ajal Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sudah dekat dan hampir tiba. Bahwa umur beliau adalah umur yang mulia, Allah bersumpah dengannya. Sudah menjadi kebiasaan pada perkara-perkara yang mulia ditutup dengan istighfar, misalnya shalat, haji dan ibadah lainnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan Rasul-Nya untuk mengucapkan pujian dan istighfar dalam keadaan seperti ini, sebagai isyarat tentang ajal beliau yang akan berakhir. (Maksudnya), hendaknya beliau bersiap-siap untuk menjumpai Rabbnya dan menutup usianya dengan amalan terbaik yang ada pada beliau alaihis shalatu wassalam.

Anak-anak yang shalih dan shalihah

Pesan pokok surah an-Nasr , adalah sebagai berikut.

  1. Janji Allah Swt. akan datang dan Islam akan mendapat kemenangan.
  2. Perintah agar selalu bertasbih untuk menyucikan Allah Swt.
  3. Permintaan ampun kepada Allah Swt. di saat terjadi peristiwa yang menggembirakan.
  4. Kemenangan dan kesuksesan adalah anugerah dari Allah Swt.
  5. Allah itu Maha Penolong. Untuk itu, kita harus peduli sebagai pengamalan sifat Allah Swt. yang Maha Penolong.

Anak-anak yang shalih dan shalihah

Demikian materi pembelajaran kali ini, semoga Allah Ta’ala menjadikan kalian anak yang mandiri, sholeh dan sholehah, berbakti kepada orang tua, dan berguna bagi ummat dan bangsa!

Sebelum kita tutup pelajaran kita pada hari ini marilah kita bembaca hamdallah

“Alhamdulillaah”

Cukup sekian dan terima kasih

Assalamualaikum Wr.Wb 

Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!!





LihatTutupKomentar