Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 4 BAB 3 Sesi 3

 

HORMAT DAN PATUH KEPADA GURU DAN ORANG TUA

Assalamualaikum  anak-anak yang soleh solehah….

Hari ini kita kembali lagi belajar pendidikan agama Islam di chanel kesayangan kita, PAI TV Balikpapan Oficial sahabat belajar di tengah pandemi.

Namun sebelumnya marilah kita berdoa kepada Allah agar apa yang kita pelajari hari ini mendapatkan pahala dari Allah SWT dan bermanfaat untuk kita semua.

Ayo semuanya kita sama-sama berdoa, kita mulai yaah..

Auzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmaanirrahim. Robbi zidni ilman, warzuqni fahman…. Waj’alni minas sholihin. Aamin.

Baiklah anak-anak yang soleh-solehah tujuan pembelajaran kita hari ini adalah

1.    menjadi anak yang soleh solehah dengan cara hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

2.    Menjadi anak yang sholih dan sholihah dengan cara bersikap santun dan menghargai teman.

Baiklah anak-anak.. kita semua ingin kaaan menjadi anak yang soleh solehah. pada kesempatan ini kita akan membahas lanjutan materi sebelumnya tentang cara menjadi anak yang soleh solehah yang ketiga yaitu dengan cara hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dan yang ke empat yaitu bersikap santun dan menghargai teman.

Yang pertama hormat dan patuh kepada orang tua

Ayah dan ibu telah berjasa mengasuh dan memelihara kita. Terlebih ibu yang telah melahirkan kita dan membesarkan kita oleh karena itu kita harus patuh kepada mereka berdua. Apalagi Hormat dan patuh kepada orang tua adalah perintah Allah.

Bagaimana caranya hormat dan patuh kepada orang tua? Allah Swt telah menjelaskan dalam firmanNya Surah Al-Isro’ : 23

۞وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعۡبُدُوٓاْ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلۡوَٰلِدَيۡنِ إِحۡسَٰنًاۚ إِمَّا يَبۡلُغَنَّ عِندَكَ ٱلۡكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوۡ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفّٖ وَلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوۡلٗا كَرِيمٗا 

Artinya : Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai di usia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dau ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang sopan. 

Anak-anak….

Ada beberapa contoh sikap anak menghormati dan patuh kepada orang tua antara lain:

1. Patuh dan taat bila dinasihati

2. Rajin shalat dan belajar untuk memenuhi harapannya

3. Sanggup membantu di rumah sesuai kemampuan kita

4. Selalu ingat untuk mendoakannya, seperti doa berikut:

Artinya:

“Ya Allah ampunilah aku dan kedua orang tuaku. Sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil.”

Selain kita hormat dan patuh kepada orang tua kita juga diharuskan hormat kepada sesama anggota keluarga, misalnya:  hormat kepada kakak dan sayang kepada adik.

Yang kedua hormat dan patuh kepada Guru.

Guru telah berjasa mendidik dan  mengajarkan  ilmu yang  bermanfaat. Lalu, bagaimanakah cara kita menghormati guru?

Berikut adalah contoh cara menghormati dan mematuhi guru:

·         Saat bertemu dengan guru mengucapkan   “Assalāmu‘alaikum” bersalaman dengan mencium  tangannya;

·         Saat guru memberi tugas/PR, hendaknya selalu mengerjakan dan  menyelesaikan tepat waktu, tidak bermalas-malas dan  mengeluh.

·         Saat guru menasihati, mendengarkan dengan tulus dan menaati nasihatnya.

·         Saat berbicara dengan guru, Berbicara dengan  santun, Suara tidak terlalu keras dan Tidak memotong pembicaraannya.

·         Saat guru sedang mengajar, duduk tenang dan tidak mengganggu teman, tidak berbicara sendiri sehingga berisik atau gaduh dan memperhatikan pelajaran disekolah.

Baik anak-anak, pasti kalian udah faham dan mengerti kan… bagaimana menghormati orang tua dan guru… mulai sekarang, berusahalah dengan sebaik mungkin untuk menerapkannya di rumah ya…. Jangan sampai kita menjadi anak yang durhaka, nauuzubillah min zaalik.

Berikutnya, cara menjadi anak sholih adalah dengan bersikap santun dan menghargai teman.

Sebelumnya, saksikanlah tayangan berikut ini

Santun berarti halus budi, baik bahasa dan sopan tingkah lakunya. Orang santun biasanya sabar, tenang, sopan, penuh rasa belas kasihan dan suka menolong.

Sedangkan, menghargai berarti menghormati, mengindahkan, dan memandang penting kepada orang lain.

Orang yang tidak menghargai berarti orang yang meremehkan atau tidak peduli terhadap orang lain.

Allah SWT adalah zat yang Maha Penyayang, Maha Pengasih, Maha Pemaaf, Maha Penyantun kepada semua makhluk-Nya.

Sebagaimana yang tercantum dalam firman Allah berikut ini.

“Dialah yang menurunkan ayat-ayat yang terang (al-Qur’an) kepada hamba-Nya (Muhammad) untuk mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya. Dan sungguh, terhadap kamu Allah Maha Penyantun, Maha Penyayang.” (Surah al-Hadid/ 57: 9)

Sebagai anak muslim kita hendaknya mampu menjadi orang yang santun dan selalu menghargai teman baik itu teman yang sama keyakinannya maupun yang berbeda keyakinannya dengan kita.

Sikap santun dan menghargai teman dapat kita lakukan dalam setiap perkataan dan perilaku kita sehari-hari misalnya :

1.    Mengucapkan salam, selalu memperhatikan, dan bermuka manis (berseri-seri) saat bertemu. Rasulullah saw. bersabda yang artinya: “Janganlah sekali-kali kamu meremehkan sesuatu kebaikan, walaupun hanya dengan muka manis, bila kamu bertemu dengan saudaramu.” (H.R. Muslim, dari Abu ªar r.a.)

2.     Berbicara dengan lembut dan tenang, suara tidak terlalu keras, dan tidak berkata kasar,dan kotor yang dapat menyakiti hati orang lain.

3.    Berteman tanpa pilih kasih. Bersahabat dan bermain dengan siapa saja.

4.    Mengucapkan “terima kasih” kepada teman yang telah berjasa.

5.    Minta maaf kepada teman apabila kita bersalah, menyinggung perasaan.

Baiklah anak-anak yang soleh-solehah demikianlah pelajaran kita hari ini semoga apa yang kita pelajari hari ini bermanfaat, semoga kita semua bisa menjadi anak yang yang memiliki sikap santun dan selalu menghargai teman sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rosulullah SAW Aamin 3X ya Rabbal Alamin.

Sebelum pelajaran kita akhiri, ada lagu yang bagus nih.... lagu akan sholih cipt. Bpk Agus Dwi swanto, S.Pd.I

Anak-anak yang shaleh dan shaleha cukup sampai disini pelajaran kita hari ini, Marilah kita akhiri belajar kita dengan membaca hamdalah “ Alhamdulillahi Rabbil `Aalamiiin. Wassalamualikum warohmatullahi wabarokatuh.

Jangan lupa like, komen, share dan subscribe chanel PAI TV supaya lebih berkembang dan bermanfaat. Terimakasih

Baiklah anak-anak yang soleh-solehah demikianlah pelajaran kita hari ini semoga apa yang kita pelajari hari ini bermanfaat, semoga kita semua bisa menjadi anak yang selalu hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Aamin 3X ya Rabbal Alamin.

 

Baik jangan lupa diulang yah belajarnya, insya Allah pertemuan selanjutnya kita akan membahas lagi  cara menjadi anak yang soleh-solehah. Kita tutup dengan doa, ayo sama-sama kita ucapkan “ Alhamdulillahi Rabbil `Aalamin

Wassalamu’alaikum wrwb.

Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!!

HORMAT DAN PATUH KEPADA GURU DAN ORANG TUA

LihatTutupKomentar