Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 6 BAB 3 Sesi 1

 

Asmaul Husna Indahnya Nama-Nama Allah

Assalamu alaikum wr wb.

Apakabar anak-anakku semuanya … semoga Allah swt selalu menjaga kita semuanya dan memberikan kesehatan dan kecerian kepada kita semua Amiin.

Alhamdulillah di pertemuan kali ini kita sudah memasuki pembelajaran 3. Indahnya nama-nama Allah Swt.

Materi tentang Asmaul Husna As Shomad, Al Muqtadir, Al Muqoddim, dan Al Baqi

Sebelum kita belajar, kita berdoa dulu ya anak-anak….

Angkat ke 2 tangan kalian

Bismillahirrohmaanirrohiim

Robbi zidnii ‘ilman, warzuqnii fahman, waj’alnii minash shoolihiin, aamiiin.

 

Tujuan pembelajaran kali ini adalah kalian dapat mengetahui arti Asmaul Husna As Shomad, Al Muqtadir, Al Muqoddim, dan Al Baqi

Sebelum bpk/ibu jelaskan lebih lanjut, kalian tentu sudah tahu kan… Allah memiliki 99 nama-nama yang indah. Di kelas 4 sebelumnya sudah kita bahas tentang nama Allah Al Azim, Al-bashir, Al-Adl, dan Al Ahad. Kali ini kita akan bahas tentang Asmaul Husna As Shomad, Al Muqtadir, al Muqoddim, dan Al Baqi

Apakah arti dan makna dari asmaul Husna tersebut? Penasaran… akan bpk/ibu jelaskan ya, tapi jangan lupa kalian like, komen dan subcribe ya…..

 

Baik anak-anak….yang pertama,

As Somad artinya :Maha dibutuhkan (Allah tempat meminta segala sesuatu )
sebagaimana dijelaskan dalam surat al Ikhlas ayat yang kedua ( Allahusshomad ) Tempat meminta segala sesuatu jadi bisa difahami bahwasannya orang yang beriman hendaknya memohon segala sesuatu hanya kepada Allah bukan kepada yang lain. Minta lulus dengan nilai terbaik misalnya, mintalah sama Allah ya anak-anak…, tentunya dengan doa yang sungguh-sungguh, khusyuk dan tadaru’ hanya mengharap kepada Allah, bukan kepada yang lain.

Yang ke-dua  Al Muqtadir  artinya : Maha kuasa dan juga maha menentukan semua ciptaannya,  maksudnya semua makhluk dan ciptaan yang ada dialam semesta adalah Allah yang menentukan kehendak. Contohnya nich… si Udin diciptakan Allah dengan rupa yang sangat tampat dan berambut ikal. Sedangkan si Ucup diciptakan Allah berkulit itam dan berambut keriting. Kenapa demikian? Itu semua adalah allah yang maha menentukan semua ciptaanNya. Semua ketentuan Allah tidak ada yang buruk, pasti ada hikmah dan mafaat di balik semua yang Allah Swt tentukan.

Selanjutnya yang ke-3 Al Moqodim yang artinya : Allah maha mendahului, maksudnya Allah maha mendahului dari pada yang terjadi pada semua makhluk ciptaanya. Sebeluam ada semua makhluk ciptaan-Nya, Allah sudah ada dengan sendirinya tanpa ada perantara.

Yang ke 4 Asmaul Husna Al Baqi yang artinya : Allah maha kekal abadi, maksudnya Allah adalah tuhan yang tidah akan pernah binasa selama-lamanya berbeda dengan makhluk ciptaannya yang pasti mengalami kerusakan, kematian dan binasaan.

Anak-anak yang sholih dan sholihah…,demikianlah materi pembelajaran  pada hari ini tentang Asmaul husna As Shomad, Al Muqtadir, al Muqoddim, dan Al Baqi, semoga kita semua bisa mengambil hikmahnya betapa indah dan Agung nama-nama Allah ,kita sebagai makhluk ciptaanya hendakanya harus selalu  taat dan patuh kepada perintah Allah agar kita  menjadi anak yang soleh dan solehah, dicintai orang tua, teman, saudara, dan yang paling utama di cintai Allah Swt.

Mari kita tutup pelajaran agma islam pada hari ini dengan membaca hamdalah .Al Hamdulilahirabbil alamin .

Wassalamu alaikum wr wb

Asmaul Husna Indahnya Nama-Nama Allah


LihatTutupKomentar