Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 6 BAB 4 Sesi 2

 

ORANG-ORANG YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Assalamu’alaikum wr wb

Hai, anak-anak yang sholeh dan sholehah, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian semuanya dalam keadaan sehat dan tetap semangat belajar yaa…

Berjumpa lagi di channel kebanggaan kita, PAI TV Balikpapan, Channel edukatif dan inspiratif, Sahabat belajar di masa pandemi.

Sebelum belajar, marilah kita awali dengan membaca do’a agar apa yang kita lakukan mendapat rahmat dan barokah dari Allah SWT. Angkat kedua tangannya,

“AUDZUBILLAAHI MINASY SYAITOONIRROJIIM, BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM, ROBBI ZIDNIY ‘ILMA WARZUQNIY FAHMA WAJ'ALNIY MINASH SHOOLIHIIN… AAMIIN…”

Baiklah anak-anak, masih di pembelajaran 4. Ayo membayar zakat. Di pembelajaran sebelumnya kita sudah membahas tentang makna dan macam-macam zakat. Maka untuk materi kali ini kita akan membahas tentang orang-orang yang berhak menerima zakat dan hikmah menunaikan zakat.

Anak-anak…, orang yang berzakat disebut dengan Muzakki, sedangkan orang yang menerimanya disebut dengan Mustahik.

Siapa sajakah Mustahik zakat itu?

Allah telah menjelaskan dalam Q.S. At-taubah :60

۞إِنَّمَا ٱلصَّدَقَٰتُ لِلۡفُقَرَآءِ وَٱلۡمَسَٰكِينِ وَٱلۡعَٰمِلِينَ عَلَيۡهَا وَٱلۡمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمۡ وَفِي ٱلرِّقَابِ وَٱلۡغَٰرِمِينَ وَفِي سَبِيلِ ٱللَّهِ وَٱبۡنِ ٱلسَّبِيلِۖ فَرِيضَةٗ مِّنَ ٱللَّهِۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٞ  ۞

Artinya : “Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (muallaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berhutang, untuk jalan Allah, dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan sebagai kewajiban dari Allah.  Dan Allah maha mengetahui, lagi maha bijaksana”.

Jadi sudah sangat jelas dalam nash tersebut bahwa ada 8 orang/golongan yang berhak menerima zakat.

8 golongan ini disebut dengan ashnafutssamaniyah.

Siapa saja mereka???

1.    Orang fakir, yaitu orang yang amat sengsara hidupnya, tidak memiliki harta dan tenaga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

2.    Orang miskin, yaitu orang yang memiliki penghasilan, namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari

3.    Pengurus zakat (amil zakat), yaitu orang yang bertugas untuk mengumpulkan dan membagikan zakat

4.    Muallaf, Yaitu orang yang bukan Islam(non muslim) tetapi di halam hatinya berkeinginan untuk masuk islam, dan orang yang sudah masuk Islam, tetapi imannya masih lemah.

5.    Hamba sahaya (Riqob), yaitu budak yang harus dimerdekakan

6.    Orang yang berhutang (Gharim), yaitu orang yang berhutang bukan untuk kepentingan maksiat dan ia tidak sanggup membayarnya.

7.    Orang yang berjuang di jalan Allah (sabilillah), seperti mendirikan sekolah, panti asuhan, fasilitas kesehatan, dan sebagainya yang bermanfaat untuk kemaslahatan umat Islam.

8.    Ibnu sabil atau musafir, yaitu orang yang sedang melakukan perjalanan baik untuk bekerja maupun belajar namun di tengah perjalanan kehabisan biaya.

Anak-anak yang sholih dan sholihah,,,

Berikutnya adalah hikmah zakat

Setiap ibadah yang disyari’atkan oleh Allah Swt tentu ada hikmahnya ya…. Begitu pula ibadah Zakat.

Diantara hikmah menunaikan zakat antara lain:

1.    Membersihkan jiwa dan harta dari si pembayar zakat dari sifat kikir, tamak, dan rakus.

2.    Membantu orang yang kesusahan/kesulitan dari segi ekonomi.

3.    Mendorong manusia untuk berjiwa sosial dan peduli kepada sesama

4.    Mendorong manusia untuk bersikap jujur dan bertanggungjawab atas harta yang dimilikinya.

5.    Mengingatkan manusia bahwa harta yang dimilikinya hanyalah titipan Allah semata, dan ada hak orang lain dalam harta kita.

 

Anak-anak yang sholih dan sholihah… itulah penjelasan mustahik zakat dan hikmah berzakat. Semoga kita semua selalu menjadi hamba yang selalu  bersyukur dengan tidak pernah lalai untuk  menunaikan kewajiban zakat ya….

Demikian pembelajaran kita hari ini, terimakasih atas perhatiannya.

Jangan lupa like, coment dan subcribe chanel ini ya….

Mari kita akhiri pembelajaran kali ini dengan membaca hamdalah.

Walhamdulillahi robbil ‘aalamiin

Wassalamu’alaikum wr wb.


LihatTutupKomentar