Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 6 BAB 5 Sesi 2

 

KEPEMIMPINAN SAHABAT RASULULLAH SAW

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Assalamu’alaikum wr wb

Hai, anak-anak yang sholeh dan sholehah, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian semuanya dalam keadaan sehat dan tetap semangat belajar yaa…

Berjumpa lagi di channel kebanggaan kita, PAI TV Balikpapan, Channel edukatif dan inspiratif, Sahabat belajar di masa pandemi.

Sebelum belajar, marilah kita awali dengan membaca do’a agar apa yang kita lakukan mendapat rahmat dan barokah dari Allah SWT. Angkat kedua tangannya,

“AUDZUBILLAAHI MINASY SYAITOONIRROJIIM, BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM, ROBBI ZIDNIY ‘ILMA WARZUQNIY FAHMA WAJ'ALNIY MINASH SHOOLIHIIN… AAMIIN…”

Anak-anak…., di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar pembelajaran 5. Kepemimpina Rasulullah Saw dan sahabatnya sub materi kepemimpinan Rasulullah Saw. kali ini, kita akan lanjutkan sub materi berikutnya yaitu kepemimpinan sahabat Rasulullah Saw. Siapa sajakan mereka? Ada Abu Bakar Siddiq ra, Umar bin Khottob ra, Ustman bin Affan ra, dan Ali bin Abi tholib ra. Mereka itulah para khulafaur rosyidiin.

Khulafaur rosyidin artinya para pemimpin yang arif dan bijaksana yang menggantikan kepemimpinan Rasulullah Saw di masa itu.

Baik, anak-anak… kalian pasti ingin tahu, bagaimana cara kepemimpinan para sahabat tersebut? Simak baik- baik ya… jangan lupa tekan tombol like, dan subcribenya.

1.    Abu Bakar Assiddiq

Abu Bakar r.a adalah kholifah yang pertama setelah rasulullah saw wafat. Beliau adalah sahabat Rasulullah yang paling dekat dan termasuk assabiqunal awwalun (orang-orang yang pertama masuk islam) dari golongan orang dewasa.

Nama lengkap beliau adalah Abdullah bin abu Kuhafah at-Taimi. Gelar Abu Bakar diberikan karena beliau paling cepat masuk Islam. Dan gelar Assiddiq  diberikan  karena ia selalu membenarkan nabi Muhammad Saw dalam berbagai peristiwa, terutama peristiwa isra’ dan mi’raj.

Abu Bakar menjadi kholifah  dari tahun 632 M-634 M. Dalam memimpin, beliau senantiasa meneladani perilaku nabi Muhammad Saw, salah satu contohnya adalah beliau selalu mengajak para sahabatnya bermusyawarah untuk menentukan keputusan dan  membantu rakyat yang kekurangan. Pernah suatu ketika ada seorang wanita kampung datang kepada beliau. Namanya Unaisar, perempuan itu berkata, “Wahai Abu Bakar, apakah setelah menjadi seorang kolifah engkau masih mau membantu kami memerah susu kambing seperti saat yang engkau lakukan sebelum menjadi seorang khalifah?”

Denganlemah lembut Abu Bakar pun menjawab, “Insya Allah aku akan tetap menolongmu.”peremuan itupun merasa senang dan kagum dengan jawaban dari khalifah Abu Bakar ra.Sungguh luar biasa akhlak dan keteladanan Abu Bakar ra. walaupun ia adalah seorang kepala negara, tetapi tetap rendah hati dan berakhlak mulia.

 

Anak-anak….

Ketika kholifah Abu Bakar memimpin, ada prestasi yang luar biasa yang di raihnya, yaitu:

1.    Memberantas nabi palsu, setelah rasulullah wafat, ada beberapa orang yang mengaku sebagai nabi, diantaranya Musailamah Al kazzab, Sajaah Namimah, dan Thulaikha bin Khuwailid.merekalah yang di berantas oleh khalifah Abu Bakar ra.

2.    Memberantas orang-orang Islam yang enggan berzakat.

3.    Mendirikan Baitul Maal, yaitu suatu lembaga yang mengurusi kas dan keuangan negara untuk kesejahteraan rakyatnya.

Itulah keteladanan dan keberhasilan Abu Bakar Siddiq, khalifah pertama yang luar biasa.

 

Selanjutnya

 

2.    Umar bin Khattab

Umar bin Khattab mempunyai nama lengkap Umar bin Khottob Bin Abdul Uzza. Rasulullah memberikan julukan kepada kholifah Umar  al-Faruq,  yang artinya orang yang bisa memisahkan antara kebenaran dan kebathilan. Khalifah yang ke dua ini memimpin sejak tahun 634 M – 644 M, kurang lebih 10 tahun ya anak-anak…, beliau ini terkenal sangat pemberani, jujur, adil, tegas, bijaksana dan bertanggungjawab terhadap rakyatnya. Beliau juga seorang pemimpin yang hidup sederhana, dan suka bermusyawarah.

Contoh yang luar biasa adalah ketika menjadi kholifah, beliau memerintahkan anaknya untuk mematikan lampu di dalam ruangan kantor kekholifahan, karena lampu itu dibiayai oleh negara, sedangkan kedatangan anaknya adalah untuk kepentingan pribadi dengan kholifah Umar ra. Khalifah Umar tidsk msu menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan dirinya dan keluarganya walaupun anya sebatas cahaya lampu, apa lagi yang lain ya anak-anak…, luar biasa bukan?

Contoh lain dari keteladanan khalifah Umar ra adalah suatu ketika di perjalanan, beliau melihat ada jalan yang rusak dan berlubang, beliau berkata, “aku akan segera memperbaiki jalanan ini sebab aku takut dimintai pertanggungjawaban di hadapan Allah Swt, hanya karena ada seekor unta yang terjungkal, atau blebih dari itu” tak lama kemudian beliaupun dengan cepat memperbaiki jalan tersebut.

Pernah juga ketika malam hari beliau berjalan melihat situasi dan kondisi rakyatnya, tiba-tiba beliau mendengan dari rumah seorang jandan ada anak yang menangis karena kelaparan, dengan sigap beliau sendiri mengangat satu karung gandum dari Baitul mal dan di panggulnya sendiri untuk diberikan kepada janda tersebut.

Dan masih banyak lagi contoh teladan Umar  bin Khattab ra. yang tidak bpk/ibu ceritakan di sini.

Anak-anak yang sholih dan shilihah….

Ada prestasi yang luar biasa yang dilakukan oleh khalifah Umar ketika memimpin

Yaitu :

1.    Menetapkan kalender Hijriyah

2.    Menetapkan para hakim (Qodhi)

3.    Memperluas masjidil haram.

Nah anak-anak… itulah kisah kepemimpinan 2 sahabat nabi Muhammad Saw yang luar biasa, semoga kita bisa meneladaninya ya… dan jangan lupa berdoa semoga para pemimpin negeri ini bisa memiliki akhlak yang mulia seperti khalifah Abu bakar dan Umar ra. ya… amin ya robbal ‘aalamiin.

Masih ada lagi 2 khalifah yang belum kita bahas, yaitu sahabat Utsman dan Ali ra. Bagaimanakah dengan keteladanan mereka? Mau tau…akan kita bahas di pertemuan berikutnya.Untuk itu saksikan terus PAI TV Balikpapan Official ya….

Kita akhiri pertemuan ini dengan membaca hamdalah. Alhamdulillahi robbil ‘alamiin.

Wassalamu’alaikum wr wb. 

KEPEMIMPINAN SAHABAT RASULULLAH SAW

LihatTutupKomentar