Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Rangkuman Materi PAI Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013

Hai Sobat Belajar, jumpa lagi dengan konten seputar pendidikan yang akan menyajikan beberapa materi seputar tentang pembalajaran PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013.

Sebelum memulai pelajaran terlebih dahulu kita harus mengetahui pelajaran apa yang harus kita pelajari. sebagai siswa, sudah selayaknya harus mempunyai buku pengangan untuk belajar. 

Selain itu kkgpaibalikpapan.com juga ikut serta memberikan solusi bagi sobat belajar yang bosan dengan membaca tulisan di buku.

Di bawah ini terdapat rangkuman materi PAI SD/MI Kelas 6 Kurikulum 13

Rangkuman Materi PAI SD/MI Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 13

PELAJARAN 1 INDAHNYA SALING MENGHORMATI

1.      Al Kafirun megisyaratkan tentang pupusnya harapan orang-orang kafir Qurays makkah zaman itu terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW karena Nabi Muhammad SAW tidak mau mengikuti tata cara beribadah orang-orang kafir Quraisy, mereka dipersilahkan beribadah menurut ajaran agamanya sendiri.

2.     Surat al Kafirun adalah surat ke – 109

3.     Terdiri dari 6 ayat

4.     Tergolong surat Makkiyah karena diturunkan di kota Makkah

5.     Disebut surat al Kafirun diambil dari kata al Kafirun yang terdapat pada ayat pertama yang artinya orang-orang kafir

6.     Tanda baca dalam al-Qur’an sebagai berikut :

a.    Fathah

b.    Kasrah

c.    Dhommah

d.    Fathah tanwin

e.    Kasrah tanwin

f.    Dhommah tanwin

g.    Taydid

h.    Sukun

PELAJARAN 2 KETIKA BUMI BERHENTI BERPUTAR

1.      Hati kiamat adalah peristiwa hancurnya alam semestabeserta isinya

2.     Hari kiamat ditandai dengan bunyi terompet sangkakala oleh mailkat israfil atas perintah Allah SWT.

3.     Hari kiamat tidak diketahui kapan terjadinya dan hanya Allah saja yang mengetahuinya.

4.     Kita wajib untuk mempercainya bahwa hari kiamat pasti akan datang dan percaya kepada hari kiamat termasuk rukun iman yang kelima.

5.     Hikmah meyakini hari kiamat yaitu dengan melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya.

6.     Hari kiamat juga mempunyai banyak istilah nama lain seperti:

a.        Yaumul ba’ast artinya hari kebangkitan

b.       Yaumul mizan artinya hari pertimbangan

c.        Yaumul hisab artinya hari perhitungan

d.       Yaumul jaza’ artinya hari pembalasan

e.       Yaumul mahsyar artinya hari dikumpulkan di padang mahsyar

7.     Hari kiamat dapat dibedakan menjadi 2 yaitu kiamat

a.    Kiamat kubro yaitu (kiamat besar)

b.    Kiamat sugra yaitu (kiamat kecil)

PELAJARAN 3 INDAHNYA NAMA-NAMA ALLAH SWT

1.      Mengenal Allah melalui asmaul husna yang berjumlah 99

2.     As Samad artinya maha dibutuhkan

3.     Al Muqtadir artinya maha kuasa atau maha menentukan

4.     Al Muqaddim artinya maha mendahulukan

5.     Al Baqi artinya maha kekal

PELAJARAN 4 AYO MEMBAYAR ZAKAT

1.      Zakat menurut bahasa bermakna membersihkan sedangkan menurut istilah berarti mengeluarkan sebagian harta tertentu yang telah mencapai nisab

2.     Zakat fitrah adalah mengeluarkan beras atau bahan makanan pokok lainnya sebesar 2,5 kilogram atau 3,5 liter tiap orang yang diberikan kepada fakir miskin yang membutuhkan

3.     Zakat mal disebut juga zakat harta, yang terdiri atas emas, perak, uang simpanan, hasil tambang, harta perniagaan, hasil pertanian, barang temuan, binatang ternak dan sebagainya

4.     Syarat wajib zakat yaitu pemilik harta telah baligh dan berakal (tidak gila), harta tersebut termasuk dari jenis-jenis harta yang wajib dizakati, harta tersebut telah mencapai nisab harta tersebut milik sendiri

5.     Golongan orang yang berhak menerima zakat: fakir, miskin, orang terlilit hutang, mualaf, amil zakat, orang yang berjuang di jalan Allah SWT. Hamba sahaya, ibnu sabil

6.     Hikmah membayar zakat dapat membersihkan harta dan jiwa, tidak tamak dan menerapkan rasa kepedulian terhadap sesama manusia yang membutuhkan bantuan

PELAJARAN 5 KETELADANAN RASULULLAH SAW DAN SAHABATNYA

1.      Nabi Muhammad saw. memperoleh gelar “al-Amín”, artinya orang yang dapat dipercaya. Beliau mendapat gelar tersebut karena bersikap jujur dan dapat dipercaya. Beliau juga sayang terhadap anak, keluarga, Orangtua dan masyarakat, serta peduli terhadap lingkungan

2.     Nabi Muhammad saw. sebagai pembawa rahmat bagi alam semesta, artinya ajaran beliau untuk kebaikan manusia hidup di dunia dan di akhirat.

3.     Abu Bakar memiliki sifat lemah lembut, sabar, pantang menyerah, berwibawa, dermawan, adil dan bijaksana, serta suka bermusyawarah.

4.     Umar bin Khattab memiliki sifat cerdas, tegas, pemberani , berwibawa, sederhana, bijaksana, bermusyawarah, dan sangat mengutamakan kepentingan rakyat.

5.     Usman bin Affan memiliki sifat santun, sabar, dermawan, adil, sederhana, dan sangat saleh.

6.     Ali bin Abi Thalib memiliki sifat tegas, cerdas, adil, pandai, sabar dan tabah; sangat membela kebenaran, sangat pemberani.

Rangkuman Materi PAI SD/MI Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 13

PELAJARAN 6 INDAHNYA SALING MEMBANTU

Dalam Q.S. al-Ma'idah/5:2 mengajarkan kita untuk saling tolong menolong dengan sesama dalam perbuatan baik dan taqwa, dan tidak tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan saling bermusuhan. Misalnya, seorang teman mengajak kita membolos, hendaknya kita ditolak, karena membolos perbuatan tidak baik. Tetapi bila ada teman kita yang mengajak ke masjid untuk mendengarkan ceramah agama atau salat berjamaah, kita harus mendukungnya.

PELAJARAN 7 MENERIMA QADA DAN QODAR

1. Qada' adalah keputusan atau ketetapan Allah Swt. ,terhadap makhluk-Nya yang tidak dapat diubah.

2. Qadar adalah ketentuan Allah Swt. yang telah berlaku terhadap semua makhluk-Nya yang bisa diubah.

3. Beriman kepada qada’ menyebabkan kita terdorong berusaha dan menerima hasil usaha dengan lapang dada.

4. Beriman kepada qadar menyebabkan kita berperilaku percaya diri, sportif atau mengakui kelebihan orang lain yang berusaha atau berikhtiar.

PELAJARAN 8 SENANGNYA BERAKHLAK TERPUJI

1. Husnuzzan atau berbaik sangka, baik kepada sesama manusia, terutama kepada Allah Swt. yang telah menciptakan kita. Misalnya jika kita mendapat ujian hidup harus berprasangka baik terhadap Allah Swt.

2. Prasangka (negatif ) itu dosa; misalnya mencari-cari kesalahan orang lain dan bergunjing, karena bergunjing diibaratkan seperti kita memakan daging saudaranya yang sudah mati.

3. Simpati adalah ikut merasakan orang lain, sehingga mampu merasakan apa yang dialami, dilakukan dan diderita orang lain.

4. Toleransi adalah sikap saling menghormati dan saling bekerjasama di antara kelompok-kelompok masyarakat yang berbeda baik secara etnis, bahasa, budaya, maupun agama.

5. Hidup rukun berarti hidup damai dan setuju terhadap keberadaan.

PELAJARAN 9 AYO BERINFAQ DAN BERSEDEKAH

1.   Kata ‘Infak’ berarti perihal menafkahkan atau membelanjakan. Makna berinfak adalah mengeluarkan sesuatu (harta) sesuai dengan kemampuannya.

2.  Sedekah berasal dari akar kata șadaqa berarti sesuatu yang benar atau jujur. Makna sedekah adalah suatu pemberian yang dilakukan seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela (hanya mengharap rida Allah Swt.) tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

3.  Hikmah berinfak dan bersedekah antara lain yaitu:

    a. Bersedekah adalah sebagai wujud rasa syukur kita terhadap nikmat yang Allah berikan

    b. Allah Swt. akan menambah rezeki orang yang berinfak dan bersedekah

    c. Malaikat mendoakan kebaikan kepada orang yang gemar bersedekah

    d. Orang yang infak dan sedekah akan terhindar dari kerugian, bencana, kesusahan, dan marabahaya, serta memperpanjang umur

    e. Orang yang berinfak dan bersedekah hatinya tenang dan tenteram

    f.  Orang yang berinfak dan bersedekah mendapat pahala dan dihapuskan dosa-dosanya

PELAJARAN 10 SENANGNYA MENELADANI PARA NABI DAN ASHABUL KAHFI

1.   Nabi Yunus a.s. adalah seorang Rasul yang mengajak kaumnya untuk menyembah Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Suci. Pada awalnya umat Nabi Yunus a.s. tidak mau menyembah Allah Yang Maha Esa dan tetap menyembah berhala, sehingga membuat Nabi Yunus a.s. marah dan meninggalkan kampungnya menuju dermaga untuk naik kapal. Nabi Yunus a.s. tidak tahan uji atas kesulitan yang menimpanya.

2.  Nabi Zakaria adalah rasul yang berdakwah tentang agama tauhid. Sudah berusia 90 tahun namun belum dikaruniai seorang anak. Karena sabar dan selalu berdoa terus menerus, akhirnya Allah Swt. kabulkan doanya dan Nabi Zakaria a.s. dikaruniai anak laki-laki yang saleh, yaitu Nabi Yahya.

3.  Nabi Yahya a.s. adalah anak Nabi Zakaria a.s. yang taat dan hormat kepada orangtuanya. Beliau sangat teguh pendirian dalam mengemukakan pendapat yang benar adalah benar dihadapan siapapun.

4.  Nabi Isa a.s. adalah rasul yang termasuk Ulul Azmi. Nabi Isa,a.s. diutus kepada Bani Israil, untuk mengajarkan tentang ke-Esaan Tuhan dan menyelamatkan mereka dari kesesatan. Nabi Isa diberi mukjizat sebagai bukti kenabiannya, seperti berbicara sewaktu masih bayi dalam peraduan, memberikan nyawa/kehidupan pada burung yang terbuat dari tanah liat, menyembuhkan orang yang terkena lepra, menyembuhkan orang tuna netra.

5.  Ashabul Kahfi merupakan kisah tujuh orang pemuda dan seekor anjing yang ditidurkan oleh Allah Swt. selama 309 tahun. Ashabul Kahfi adalah sekelompok pemuda yang beriman kepada Allah Swt., yang meyakini bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah Swt. semata, mereka teguh di atas keyakinan yang benar, meskipun harus bersembunyi di gua untuk menyelamatkan dirinya.


Baca Juga : bayihaqie.com

LihatTutupKomentar