Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

KKG PAI Kota Balikpapan Gelar Pesantren Ramadhan: Menambah Ilmu, Silaturrahmi dan Memupuk Kemandirian

BalikpapanRamadhan adalah bulan pendidikan bagi orang-orang yang beriman, dengan landasan surah al-baqarah ayat 183 Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kota Balikpapan menggelar agenda Pesantren Ramadhan.

Kegiatan ini rutin diadakan setiap bulan puasa tiba, namun sempat terhenti beberapa tahun karena kondisi bencana non-alam Covid 19 yang melanda, sehingga beberapa aktivitas terbatasi bahkan ditiadakan.

Ramadhan 1445 H, mulai digagas kembali kegiatan Pesantren Ramadhan untuk siswa/i SD se-Kota Balikpapan, dengan restu Kemenag dan Disdikbud Kota Balikpapan, acara resmi di selenggarakan pada 27-28 Meret 2024 di Asrama Haji Embarkasi Kota Balikpapan.
Antusias siswa/i dan orang tua selalu menjadi motivasi semangat para panitia Pesantren Ramadhan Tahun ini, dengan sistem "boarding" peserta pesantren ramadhan diinapkan dan ditempa banyak materi serta digembleng ala pesantren pada umumnya.

Ketua KKG PAI Kota Balikpapan Syaifurrohman memaparkan tujuan diadakan pesantren ramadhan adalah untuk mendidik dan melatih siswa/i SD dalam kemandirian dan memperdalam ilmu agama. 

"Siswa akan mendapatkan beberapa bekal yang bisa dibawa pulang ketika mengikuti pesantren ramadhan, antara lain menambah wawasan keagamaan, menumbuhkan kemandirian, menambah teman dari sekolah lain dan masih banyak lagi nilai positif yang didapat",ucapnya.
Ketua panitia Pesantren Ramadhan Mardi Hamsyah menambahkan bahwa kegiatan ini mengundang semangat siswa/i SD se Kota Balikpapan untuk mengikutinya, pasalnya melihat jumlah peserta sangat membludak.

"Setiap sekolah hanya dibatasi untuk mendelegasikan siswa/i nya cukup 2 saja, karena keterbatasan tempat tidur yang masih tahap renovasi, namun faktanya banyak yang mendaftar melebihi kuota yang telah disediakan, bahkan ada salah satu sekolah yang mengirimkan 9 siswa/i nya, sehingga total akhir mencapai kurang lebih 300 peserta", tegasnya.

Pada pembukaan kegiatan tersebut turut hadir, Walikota Balikpapan yang diwakli oleh Kepala Dinas Kesehatan, Plt Kemenag Kota Balikpapan, Bapak Masrivani, Kadisdikbud Kota Balikpapan yang diwakili oleh Kepala Bidang PSD dan Ketua Tim Kurikulum Disdikbud Kota Balikpapan, Perwakilan Polresta Balikpapan, Kasi PAI Kemenag, Pengawas PAI SD Kota Balikpapan dan Ketua K3S se-Kota Balikpapan. Semua menyambut hangat atas terselenggaranya Pesantren Ramadhan ini.

Selain itu, banyak dukungan dari berbagai pihak antara lain, Walikota Balikpapan Bapak Rahmad Mas'ud, menyampaikan selamat dan sukses atas terselenggaranya pesantren ramadhan tingkat SD, semoga melalui pesantren ramadhan mampu menumbuhkan karakter baik untuk siswa/i SD se-Kota Balikpapan, 
tidak hanya itu, Kadisdikbud Kota Balikpapan yang tengah menjalani ibadah umrah juga turut mengucapkan selamat atas terselenggaranya Pesantren Ramadhan melalui video pendek yang dishare oleh beliau.

Dukungan penuh juga datang dari Puskesmas manggar dengan menugaskan tenaga medis untuk melakukan pengawasan dan pendampingan dari awal sampai akhir kegiatan tersebut.
Harapan terbesar dari KKG PAI Kota Balikpapan, Semoga dengan adanya kegiatan Pesantren Ramadhan ini, setidaknya bisa memberikan sedikit bekal ajaran dan nilai-nilai agama kepada siswa/i SD se-Kota Balikpapan serta menambah pengalaman rohani dan keimanan./Amr

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari kkgpaibalikpapan.com. Mari bergabung juga di Channel Youtube paitvbalikpapan"

LihatTutupKomentar