Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 6 BAB 6


INDAHNYA SALING MEMBANTU

Assalamu’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh

Anak-anakku soleh dan solehah.

Berjumpa lagi dengan saya ibu/bapak ….

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiat.

Namun sebelumnya, bagi kalian yang belum subscribe chanel PAI TV silahkan subscribe dulu ya… tekan tombol like, share, dan coment, agar chanel ini bisa terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kita semua.

Baiklah anak -anak yang sholeh sholeha, sebelum belajar kita mulai, terlebih dahulu kita membaca doa sebelum belajar agar apa yang kita pelajari hari ini bisa bermanfaat dan mudah kita fahami. Aamiin

Auzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmaanirrahim, Robbi zidni ilman, warzuqni fahman.

A.    Membaca Q.S. al-Maidah/5:2

    Dalam membaca Q.S. al-Ma'idah/5:2 hendaknya dimulai dengan isti’azah (A’uzubillahi minasysyaitanirrajim) dan basmalah (Bismillahirrahmanirrahim). Kemudian cermati dan ikutilah langkah-langkah cara belajar Q.S. al-Ma'idah/5:2 berikut ini. 

1. Perhatikan tanda baca :

Fatha

 Fatha dibaca "a"


Kasrah
      Kasrah dibaca "i"


Dammah
   Dammah dibaca "u"



Kemudian ada tanda baca Tanwin :

Fathatain
      Fathatain dibaca "a"


Kasrahtain
   Kasrahtain dibaca "a"


Dammahtain
Dammahtain dibaca "a"



Ada juga tanda baca mati yaitu :

Sukun
        Sukun



Ada juga tanda baca dibaca dobel yaitu :

Tasydid
       Tasydid


2. Membaca kalimat bahasa dari arah sebelah kanan ke kiri. Membaca ayat ayat al-Qur’an harus dengan lafal dan makhraj yang benar. 

3. Cermati cara pengucapan bapak atau ibu guru kamu dalam melafalkan ayatayat Q.S. al-Ma'idah/5:2.

4. Bacalah Q.S. al-Ma'idah/5:2 dengan tartil. 

Materi PAI Daring Kelas 6 SD/MI Pembelajaran 6

B.    Kandungan Q.S. al-Maidah/5:2

    Penggalan Q.S. al-Ma'idah/5:2 ini berisi tentang ajakan tolong-menolong dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Kita diharuskan saling menolong kepada sesama kita dalam perbuatan baik dan ketaqwaan, sebaliknya hindari saling menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Misalnya, ada teman kita yang mengajak membolos, hendaknya dihindari atau ditolak, karena membolos perbuatan tidak baik. Tetapi bila ada teman kita yang mengajak ke mesjid untuk mendengarkan ceramah agama atau ┼čalat berjamaah, kita harus mendukungnya. Begitu pula bila ada teman mengajak nonton televisi atau main game terus menerus sehingga lupa makan dan belajar, kita harus menolaknya. Tetapi bila ada teman yang mengajak kita belajar bersama, maka kita harus mau bergabung. Karena belajar bersama sangat baik dan menguntungkan, insya Allah kita akan mendapat karunia dan pahala dari Allah Swt. 

Mari kita akhiri dengan bacaan hamdalah  doa kafaratul majlis . alhamdulilaahirobbil’alamiin subhanakalaahumma wabihamdika asyhadu anla ilahailla anta astaghfiruka waatuubu ilaik.

Wassalamu’alaikumwarohmatullaahi wabarokaatuh

Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!! 

LihatTutupKomentar