Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 1 BAB 10


PERILAKU TERPUJI

Assalamu’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh

Anak-anakku soleh dan solehah.

Berjumpa lagi dengan saya ibu/bapak ….

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiat.

Namun sebelumnya, bagi kalian yang belum subscribe chanel PAI TV silahkan subscribe dulu ya… tekan tombol like, share, dan coment, agar chanel ini bisa terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kita semua.

Baiklah anak -anak yang sholeh sholeha, sebelum belajar kita mulai, terlebih dahulu kita membaca doa sebelum belajar agar apa yang kita pelajari hari ini bisa bermanfaat dan mudah kita fahami. Aamiin

Auzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmaanirrahim, Robbi zidni ilman, warzuqni fahman.

A. Berkata yang Baik

    Berkata yang baik adalah perilaku terpuji. Kepada orang tua harus berkata yang baik. Kepada guru harus berkata yang baik. Kepada tetangga dan teman harus berkata yang baik. Kamu harus selalu bersikap sopan dan santun kepada siapa pun. Kepada orang yang lebih tua kita harus sopan dan santun. Tidak boleh kita samakan saat berbicara dengan teman. Gunakan kata-kata yang baik, tutur kata yang lembut jangan sampai kita menyakiti hati orang yang kita ajak bicara. Ucapkan salam apabila bertemu orang lain di jalan. Segala yang kita ucapkan didengar Allah Swt.. Janganlah kita berbicara yang tidak baik.

B. Hormat dan Patuh

    Hormat dan patuh adalah perilaku terpuji. Kamu harus hormat dan patuh kepada kedua orang tua. Kita harus berbicara sopan dan lemah lembut. Kita harus selalu mendoakan orang tua. Ayah dan ibu adalah orang tua kita. Hormat dan patuh kepada kedua orang tua hukumnya wajib karena jasa orang tua sangat besar. Ayah dan ibu telah mengasuh dan mendidik kita. Ayah mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan kita. Ibu merawat kita dengan penuh kasih sayang. Orang tua selalu mendoakan kita agar menjadi anak saleh serta menjadi anak yang pandai. Orang tua adalah orang yang mengasuhmu sejak kecil hingga saat ini. Allah Swt. memerintahkan kita untuk selalu hormat pada orang tua dan berbuat baik kepada keduanya. Kita juga harus mendoakan keduanya.

C. Bersyukur  

    Kita harus selalu bersyukur kepada Allah Swt.. Banyak sekali nikmat yang diberikan Allah Swt. kepada kita. Nikmat jasmani, rohani, dan rezeki. telinga untuk mendengar, Dengan nikmat rohani manusia dapat merasakan kebahagiaan, kesenangan, dan sebagainya. Allah Swt. juga memberikan nikmat rezeki berupa harta benda. Nikmat yang diberikan Allah Swt. kepada kita kita wajib bersyukur atas nikmat yang kita dapatkan dengan selalu mengucap hamdalah dan beramal baik. Allah Swt. telah menganugerahkan banyak kenikmatan kepada

D. Pemaaf

Setiap orang pasti pernah berbuat salah. Orang yang bertakwa memaafkan kesalahan teman. Orang yang bertakwa apabila bersalah meminta maaf dan memaafkan. Jika sudah meminta maaf kamu juga tidak boleh mengulanginya. Rasulullah saw. pemaaf kepada semua umat manusia. suatu saat kita melihat orang tersebut Kamu harus segera memaafkan kesalahan orang lain, Pemaaf adalah perilaku untuk memaafkan kesalahan orang lain. Lawan kata pemaaf adalah pemarah (pendendam). Misalnya suatu hari ada teman yang mengejek kita mengalami kesusahan atau kecelakaan, tetapi kita tetap menolongnya. Anak yang pemaaf akan disayang Allah Swt. dan orang-orang di sekitarnya. Anak yang pemaaf hatinya menjadi tenang. Sikap pemaaf juga akan membuat hidup rukun. Bagaimana caranya membiasakan diri menjadi pemaaf? kamu tidak mudah marah, kamu juga tidak boleh mengingat-ingat kesalahan orang lain.

E. Jujur  

Jujur termasuk perilaku terpuji. Jujur berarti berkata apa adanya. Jujur berarti berbuat kebenaran. Anak yang jujur tidak pernah berbohong. Anak yang jujur selalu dapat dipercaya seperti Nabi Muhammad saw. yang diberi julukan al-Amin karena kejujurannya. Al-amin artinya dapat dipercaya. Anak yang jujur dapat menjaga amanah. Anak yang jujur tidak akan melakukan kecurangan. Biasakanlah jujur dalam kehidupan sehari-hari,. Jujurlah pada orang tuamu, saudaramu, dan teman-temanmu. Anak yang jujur akan disayang Allah Swt. dan rasul-Nya. Anak yang jujur akan dirahmati Allah Swt.. Anak yang jujur akan disayangi orang tua, guru, dan teman-temannya.

F. Percaya Diri 

Anak yang percaya diri selalu yakin bahwa usahanya akan berhasil Percaya diri bukan berarti sombong. Rasa percaya diri harus ditumbuhkan sesuai dengan kemampuan dan usaha kita. Anak yang percaya diri selalu sungguh-sungguh dan bertanggung jawab dalam mengerjakan sesuatu. Orang yang percaya diri juga harus bertawakal kepada Allah Swt.. Sikap percaya diri hendaknya diterapkan di mana pun di sekolah, rumah, dan masjid. Sebagai siswa kamu harus percaya diri. Jika ada pelajaran yang belum dimengerti jangan malu untuk bertanya. Jika ada tugas cobalah mengerjakannya sendiri, jika mengikuti ulangan tidak mencontek. Siswa yang percaya diri akan sopan kepada temannya. Percaya diri berarti mau bersyukur atas nikmat Allah Swt... Karena manusia diciptakan dalam bentuk yang sempurna. Percaya diri juga menghargai orang lain tidak merendahkan dan meremehkan orang lain. Sikap percaya diri harus diikuti iman yang kuat. Anak yang percaya diri akan disayang oleh Allah Swt.. Anak yang percaya diri disayang orang tua dan gurunya. Anak yang percaya diri disenangi teman.

Mari kita akhiri dengan bacaan hamdalah  doa kafaratul majlis . alhamdulilaahirobbil’alamiin subhanakalaahumma wabihamdika asyhadu anla ilahailla anta astaghfiruka waatuubu ilaik.

Wassalamu’alaikumwarohmatullaahi wabarokaatuh

Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!!

LihatTutupKomentar