Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 2 BAB 1 Sesi 1

 

Sikap Jujur Nabi Muhammad SAW

 Assalamu’alaikum anak-anak shalih dan shalihah


Kembali lagi kita belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Selamat datang dikelas 2 ya anak-anak solih solihah, dan semoga kita semua tetap sehat dan selalu menjaga protokol kesehatan dan semoga kita semua selalu dilindungi oleh Allah SWT dari pandemi yang sedang melanda negeri kita tercintaAamiin ya robbal ‘alamiin.

Kali ini kita akan belajar tentang meneladani sikap jujur Nabi Muhammad SAW.

Namun sebelum itu, marilah kita berdo’a agar apa yang kita pelajari hari ini dapat bermanfaat.

A’uudzu billaahi minasy syaithaanirrajiim.

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Robbizidni ‘ilman war zuqni fahman.

Waj’alni minas sholihin.

Anak-anak shalih dan shalihah

Jujur itu artinya tidak bohong ,jujur itu berkata yang benar dan jujur itu berkata apa adanya. Rasulullah SAW selalu senantiasa mengingatkan kepada umatnya agar selalu berkata” jujur” dan menjauhi sifat “dusta “.

 

Perilaku jujur sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW sejak beliau kecil, sejak kecil Rasulullah sudah memiliki sifat jujur baik dari segi perkataan maupun perbuatan.

Maka dari itu karena kejujurannya beliau mendapatkan gelar Al Amiin yang artinya dapat di percaya. Nabi Muhammad saw adalah seorang yang jujur dan Nabi Muhammad saw juga memerintahkan kepada kita semua agar selalu bersikap jujur.

Jujur kepada Allah, diri sendiri , orang tua, guru,teman dan kepada siapa saja. Nah… Cara kita meneladani sikap jujur terhadap Rasulullah  SAW yaitu dengan cara selalu berkata dan bersikap jujur didalam kehidupan sehari-hari baik disekolah maupun dirumah. Contoh kecil saja jika kita menemukan sesuatu barang yang bukan milik kita maka kita harus segera mengembalikan dengan cara mencari dan bertanya kepada guru atau teman siapa yang kehilangan barang tersebut, atau dalam hal yang lain misalkan dalam proses belajar ketika kita mendapatkan tugas dari guru kita harus mengerjakan sendiri dan tidak mencontek tugas dari teman.

Bila kita bisa melakukan semuanya dengan baik, Insya Allah kita akan bisa menjadi hamba yang dicintai Allah dan Rasul-Nya.

 

Anak-anak shalih dan shalihah yuk kita bernyanyi

 

“Aku Anak Jujur “

Nada lagu nya pelangi-pelangi ya

Jadi anak jujur di cintai Allah

Jadi anak jujur kebanggaan Rasul

Janganlah kau ragu dan janganlah bingung

Jadi anak jujur pasti beruntung

 

Anak-anak shalih dan shalihah

selain memahami arti dari sikap jujur, kita juga harus mengetahui apa saja sih keuntungan bersikap jujur dan kerugian jika tidak bersikap jujur.

Apa saja keuntungannya dan kerugiannya ?

Nanti akan ibu jelaskan di pertemuan selanjutnya, terima kasih atas perhatiannya ibu akhiri pembelajaran hari ini.

Tsummassalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!!

Sikap Jujur Nabi Muhammad SAW


LihatTutupKomentar