Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 2 BAB 1 Sesi 2


Keuntungan Bersikap Jujur

Assalaamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

Apa kabar anak-anak sholih dan sholihah, serta pemirsa PAI TV dimanapun kalian berada? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal‘afiat, serta tetap semangat belajarnya yaaa.

Kita kembali belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 Pelajaran 1 Nabi Muhammad saw. Teladanku tentang Keuntungan Bersikap Jujur.

Tetapi sebelum kita memasuki pelajaran, marilah kita berdoa terlebih dahulu agar pelajaran hari ini senantiasa mendapatkan rahmat dan ridho dari Allah swt. serta bermanfaat untuk kita semua.

a’udzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmanirrahiim

Robbi Zidni ‘ilmaa, warzuqni fahmaa, birohmatika yaa arhamarroohimiin. Aamiin.

Pada  pembelajaran sebelumnya, kita telah mempelajari materi Sikap Jujur Nabi Muhammad saw., dan dalam pembelajaran kali ini kita akan mempelajari materi tentang Keuntungan Bersikap Jujur.

Anak-anak sholih dan sholihah

Apakah kalian masih ingat, mengapa Nabi Muhammad saw. Mendapatkan gelar Al amin?

Nabi Muhammad saw. mendapatkan gelar al amin karena kejujurannya. Kepada siapapun beliau selalu bersikap jujur. Nabi Muhammad saw. terkenal jujur sejak kanak-kanak dan remaja. Dalam berdagang pun Rasulullah saw. berperilaku jujur, sehingga beliau mendapatkan simpati dari semua orang. Ada banyak keuntungan yang akan didapat dari kita bersikap jujur, antara lain: orang yang jujur pasti akan disayang oleh Allah swt., disenangi orang tua dan guru, serta memilliki banyak teman. Karena sikap jujur akan membawa kita dalam kebaikan. Sebaliknya, apabila kita selalu berdusta ataupun berbohong kelak kita akan dibenci oleh Allah swt, karena Allah swt akan melaknat orang-orang yang berdusta ataupun berbohong. Tidak hanya Allah yang akan membenci kita, orang tua, guru, teman, atau orang lain juga tidak akan senang kepada kita, apabila kita suka berbohong.

Anak-anak yang sholih dan sholihah, setelah kalian mengetahui kejujuran dari perkataan dan perbuatan Rasulullah saw., maka sikap kita yaitu dimanapun dan kapanpun, kita harus bersikap jujur. Tidak boleh berkata dusta atau berbohong kepada siapapun, baik dalam perkataan ataupun perbuatan. Dan apabila berbuat salah, hendaknya kita segera meminta maaf dan berkata jujur.

Apasih keuntungan apabila kita memiliki sifat jujur?

Keuntungan yang didapat jika kita menjadi orang yang jujur maka kita akan disayang oleh Allah swt. Jika sudah disayang oleh Allah swt. maka hal ini adalah salah satu jalan kita untuk menuju syurganya Allah swt.

Nah, anak-anak amatilah gambar berikut ini :

        Dalam gambar terlihat siswa yang sedang mengerjakan soal ujian. Ada siswa laki-laki yang menggunakan kacamata sedang mengerjakan soal dengan sungguh-sungguh. Sebaliknya, siswa yang berada dibelakangnya sedang sibuk mencari jawaban. Kemungkinan siswa yang sedang sibuk mencari jawaban ini tidak belajar sebelumnya. Dengan kata lain siswa yang berada dibelakang mencari contekan kepada siswa berkacamata. Menurut kalian, apakah benar perbuatan mencontek tersebut?

Jawabannya adalah tidak benar. Karena mencontek merupakan salah satu perbuatan yang tidak baik dan tidak jujur. Tidak jujur kepada siapa? kepada Allah, kepada guru, kepada teman-teman yang dicontek, dan yang paling utama tidak jujur kepada kemampuan diri sendiri. Orang yang jujur apabila akan melaksanakan Ujian/Ulangan, pasti akan belajar terlebih dahulu. Orang yang jujur akan percaya diri terhadap kemampuan dirinya sendiri.

Apabila kita melakukan perbuatan yang baik, in syaa Allah kita akan menjadi hamba yang disenangi dan dicintai oleh Allah swt.

Baik anak-anak sholih dan sholihah, demikian materi tentang Nabi Muhammad saw. Teladanku. Semoga kalian dapat memahami dan mencontoh perilaku jujur di dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin yaa rabbal’aalamin.  

Mari kita akhiri pembelajaran kali ini dengan bersama-sama mengucapkan Hamdallah ‘Alhamdulillaahi rabbil’alamin’

Wassalaamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh

Sampai jumpa anak-anak sholih dan sholihah (sambil say good bye)

Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!!

Keuntungan Bersikap Jujur

LihatTutupKomentar