Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 2 BAB 2 Sesi 1


Melafalkan dan Menghafalkan QS. An-Naas

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Apa kabar anak-anak sholih dan sholihah, serta pemirsa PAI TV dimanapun berada? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal ‘afiat, serta tetap semangat belajar yaaa. Kita bertemu kembali dalam video pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 Pelajaran 2 Asyik bisa membaca Al Quran. Jika dalam video pembelajaran sebelumnya kita membahas tentang Pesan Surah An Naas, dalam video pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang melafalkan huruf Hijaiyyah bersambung.

Tetapi sebelum kita memulai belajar, marilah kita berdoa terlebih dahulu agar pelajaran hari ini senantiasa mendapatkan Rahmat dan ridho dari Allah swt. serta bermanfaat.

 

A’udzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmanirrahiim

Robbi Zidni ‘ilmaa, warzuqni fahmaa, waj’alni minasshoolihiin.. aamiin.

 

Agar kalian lebih bersemangat lagi, kita menyanyi bersama-sama dulu yuk

Kali ini kita akan menyanyikan sebuah lagu yang berjudul “Tanda baca dalam Al Quran”, nada lagunya “Lihat Kebunku”

 

Banyak tanda baca di dalam Al Quran

Ayo kita sebutkan satu per satu

Fathah, Kasroh, Dhommah,

Sukun, tasydid, tanwin.

Bacaan Al Quran semuanya indah.

 

Kita ulangi sekali lagi ya.

 

 

 

 

Nah sudah mulai bersemangat kan anak-anak sholih dan sholihah..

 

Sebelumnya ibu/bapak mau nanya dulu nih. Diantara kalian apakah sudah ada yang mengetahui tentang Huruf Hijaiyyah ? Huruf Hijaiyyah sama dengan huruf Al Quran, memiliki 28 huruf.  Sebagai seorang muslim, kita harus bisa membaca Al Quran dengan baik, karena Al Quran merupakan pedoman hidup bagi umat Muslim.

Agar kalian bisa membaca Al Quran, kalian harus memahami terlebih dahulu Huruf Hijaiyyah dan Tanda baca (harakat). Bunyi huruf Hijaiyyah disesuaikan dengan tanda baca (harakat) yang ada pada setiap huruf.

 

Sebelum kalian mulai membaca atau melafalkan huruf hijaiyyah bersambung, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu harakat? Harakat adalah tanda baca yang terdapat pada huruf hijaiyyah yang terdiri atas fathah, kasroh, dhommah, fathah tanwin, kasroh tanwin, dhommah tanwin, sukun, dan tasydid.

Tanda baca

1.   Fathah

fathah adalah tanda baca yang berbentuk garis miring satu yang terletak di atas huruf Hijaiyyah. Apabila ada huruf hijaiyyah yang berharakat fathah, maka cara membaca huruf hijaiyyah tersebut berbunyi ‘a’.

2.   Kasroh

Kasroh adalah tanda baca yang berbentuk garis miring satu yang terletak di bawah huruf hijaiyyah. Apabila ada huruf hijaiyyah yang berharakat kasroh, maka cara membaca huruf hijaiyyah tersebut berbunyi ‘i’.

3.   Dhommah

Dhommah adalah tanda baca yang berbentuk seperti wauw yang terletak di atas huruf hijaiyyah. Apabila ada huruf hijaiyyah yang berharakat dhommah, maka cara membaca huruf hijaiyyah tersebut berbunyi ‘u’.

4.   Fathah tanwin

Fathah tanwin adalah tanda baca yang berbentuk garis miring dua yang terletak di atas huruf hijaiyyah. Apabila ada huruf hijaiyyah yang berharakat fathah tanwin, maka cara membaca huruf hijaiyyah tersebut berbunyi ‘an’.

5.   Kasroh tanwin

Kasroh tanwin adalah tanda baca yang berbentuk garis miring dua yang terletak di bawah huruf hijaiyyah. Apabila ada huruf hijaiyyah yang berharakat kasroh tanwin, maka cara membaca huruf hijaiiyah tersebut berbunyi ‘in’

6.   Dhommah tanwin

Dhommah tanwin adalah tanda baca yang berbentuk seperti wauw yang saling berhadapan yang terletak  di atas huruf hijaiyyah. Apabila ada huruf hijaiyyah yang berharakat dhommah tanwin, maka cara membaca huruf hijaiyyah tersebut berbunyi ‘un’

7.   Sukun

Sukun adalah tanda baca yang bentuknya seperti lingkaran kecil di atas huruf hijaiyyah. Apabila ada huruf hijaiyyah yang berharakat sukun, maka cara membacanya yaitu dibaca mati.

8.   Tasydid

Tasydid adalah tanda baca yang bentuknya seperti huruf m yang terbalik di atas huruf hijaiyyah. Apabila ada huruf hijaiyyah yang berharakat tasydid, maka cara membacanya yaitu dengan menahan huruf hijaiyyah tersebut.

Anak-anak yang sholih dan sholihah, membaca dan menulis huruf Hijaiyyah dimulai dari sebelah kanan ke sebelah kiri. Dalam menulis huruf hijaiyyah, ada huruf yang bisa disambung dan ada yang bisa disambung. Huruf-huruf yang tidak bisa disambung yaitu:

ا  د  ذ  ر  ز  و

selain huruf tersebut, huruf hijaiyyah lainnya bisa disambung.

contoh yang pertama terdapat huruf alif kaf dan lam, bentuk huruf yang bisa disambung seperti gambar disampingnya, huruf alif terpisah dengan huruf kaf dengan lam, karena huruf alif termasuk kedalam huruf yang tidak bisa disambung. dibaca a ka la, karena terdapat harakat fathah.

contoh huruf yang kedua terdapat huruf ba ‘ain dan tsa, huruf disamping ditulis bersambung karena semua hurufnya dapat disambung, dibaca ba ‘a tsa karena diberi harakat fathah.

contoh huruf berikutnya terdapat huruf ta ba dan ta, sama seperti huruf sebelumnya ditulis bersambung karena semua huruf bisa disambung. dibaca ta bat a karena ada harakat fathah.

Nah, anak-anak silahkan kalian berlatih membaca huruf hijaiyyah yang bisa disambung ya.

Baik anak-anak yang sholih dan sholihah, demikian materi tentang melafalkan huruf hijaiyyah bersambung. Semoga kalian dapat memahami dan mencontohkannya dirumah dengan bantuan orang tua kalian yaaa.

Sampai bertemu lagi di video pembelajaran berikutnya. Mari kita akhiri pembelajaran kali ini dengan mengucapkan Hamdallah ‘Alhamdulillahhi rabbil’alamin’

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!!

Melafalkan dan Menghafalkan QS. An-Naas

LihatTutupKomentar