Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 2 BAB 5 Sesi 3

Do’a Makan

Assalaamualaikum. Wr. Wb

Bagaimana kabarnya anak-anak sholih dan sholihah serta pemirsa PAI TV dimanapun berada? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal ‘afiat dan tetap semangat ya belajar nyaa

Bertemu kembali di Video Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 Pelajaran 5: Hidup Bersih dan Sehat.

Pada pembelajaran kali ini kita akan membahas mengenai Peduli Lingkungan, yaitu mengenai “Do’a Makan”.  

Tetapi sebelum kita memulai pembelajaran, marilah kita terlebih dahulu berdoa bersama agar pembelajaran kali ini senantiasa dirahmati dan diridhoi oleh Allah SWT,Aamiiiin yaa robbal ‘aalamiiin.

Angkat kedua tangannya. Siap baca do’a.

Doa Sebelum Belajar.

A’uudzu billaahi minasy syaithaanirrajiim.

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Robbizidni ‘ilman war zuqni fahman.

Waj’alni minas sholihin.

Agar kita tidak mudah sakit, makanlah secara teratur. Sehari semalam sebaiknya kita makan 3 kali, yaitu, makan pagi (sarapan), makan siang, dan makan malam. Jika dalam bulan puasa, kita makan di waktu berbuka dan sahur.

Makan teratur menjadikan badan sehat dan kuat. Makanan yang kita makan akan diurai oleh tubuh menjadi tenaga dan kekebalan dari berbagai penyakit. Makan secara teratur juga berarti makan yang cukup, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit.

Makan adalah kebutuhan manusia. Dengan makanan yang baik dan bergizi,  manusia akan memiliki tenaga dan kekebalan tubuh yang baik dari berbagai penyakit.  Oleh karena itu Islam mengatur tata cara makan yang benar. Adapun adab makan (tata cara) menurut Islam yaitu :

1.    Cuci tangan Sebelum dan sesudah makan

Agar tangan bersih, dan tidak ada virus penyakit yang menempel  

2.    Berdo’a sebelum dan sesudah makan

Yaitu memohon kepada Allah SWT, agar makanan yang kita makan bermanfaat bagi tubuh dan di ridhoi Allah SWT. Serta memohon agar  kita selalu dalam lindungan-Nya



3.    Makan sambil duduk

Agar makanan yang kita makan dapat di cerna tubuh dengan baik

4.    Menggunakan tangan kanan

Untuk hal-hal yang bersih sebaiknya menggunakan tangan kanan. Dan makan menggunakan tangan kanan adalah perintah Nabi Muhammad SAW. Agar manusia tidak meniru setan, karena setan makan menggunakan tangan kiri.

5.    Makan dengan tenang, tidak tergesa-gesa

Makan dengan tergesa-gesa bisa menyebabkan kita tersedak.

6.    Tidak makan sambil berjalan

Makan sambil berjalan bisa menyebabkan akibat buruk bagi perut, seperti mual, kembung dan sebagainya.

Nah anak-anakku yang sholih dan sholihah

Demikianlah video pembelajaran kita kali ini. Semoga kalian mampu menerapkan do’a ketika akan makan dan do’a setelah makan dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan berdo’a, selain makanan tersebut akan menjadi energi juga dapat menjadi obat bagi tubuh kita sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Semoga bermanfaat, dan semoga kalian dapat menjadi anak-anak yang sholih/ sholihah. Sampai jumpa lagi dalam Video Pembelajaran selanjutnyaaa.

Tsummassalamualaikum Wr.Wb

Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!

Do’a Makan

LihatTutupKomentar