Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 2 BAB 5 Sesi 2

Hidup Bersih dan Sehat Peduli Lingkungan

Assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokatuh

Apa kabarnya anak-anak sholih dan sholiha, serta pemirsa PAI TV Channel Balikpapan dimanapun berada. Semoga masih dalam keadaan sehat wal ‘afiat serta tetap semangat belajar yaa..

Kita bertemu kembali dalam Video Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 Sekolah Dasar Pelajaran 5 Hidup Bersih dan Sehat. Pada Video Pembelajaran sebelumnya, kita membahas mengenai materi Bersih dan Sehat. Maka dalam Video Pembelajaran kali ini kita akan membahas materi mengenai Peduli Lingkungan. Semoga setelah kalian menyimak Video Pembelajaran ini, kalian dapat lebih Peduli terhadap Lingkungan yang Bersih dan Sehat ya..

Tetapi sebelum kita memulai pembelajaran, marilah kita Bersama-sama berdoa terlebih dahulu agar pembelajaran kali ini senantiasa mendapatkan Rahmat dan Ridho dari Allah SWT, serta bermanfaat bagi kita.

A’udzubillahi minassyaithonirrojim

Bismillahirrahmaanirrahiim

Robbi zidni ‘ilma warjuqni fahma waj’alni minaasholihiin, Aamiin.

Apakah kalian tahu, Allah SWT menciptakan Alam Semesta ini adalah untuk manusia. Allah swt berfirman:

‘Dialah (Allah) yang menciptakan segala apa yang ada di bumi untukmu, kemudian Dia menuju ke langit, lalu Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.’ (Q.S. Al Baqarah (2)/29)

Nah anak-anak sholih dan sholiha, Allah SWT. menciptakan alam semesta khususnya bumi ini memang sangat kaya dengan berbagai materi yang terkandung didalamnya. Yang diciptakan oleh Allah SWT agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh manusia untuk memenuhi segala kebutuhannya. Maka dengan itu kita sebagai manusia harus selalu menjaga dan memelihara lingkungannya sebagai bentuk kita bersyukur kepada Allah SWT.

Tapi sayangnya kadang kita melihat beberapa manusia kurang menjaga kesehatan dan keindahan lingkungan dengan baik. Misalnya menebang pohon sembarangan sehingga resapan air semakin habis, membuang sampah di sungai sehingga sungai menjadi penuh dengan sampah, menggali gunung untuk mencari sumber emas atau batubara yang terkandung didalam gunung atau menambang pasir di sungai sebanyak-banyaknya dan lain-lain.

Tahukah kalian apa akibatnya dari perbuatan yang disebutkan diatas. Menebang pohon sembarangan dapat menyebabkan banjir dan longsor mudah terjadi itu juga menyebabkan cuaca semakin panas karena tidak ada yang menyimpan air di dalam tanah demikian pula membuang sampah sembarangan maka kita akan sangat terganggu dengan sampah-sampahnya apalagi bau yang dikeluarkan dari sampah-sampah tersebut begitu pula dengan menggali gunung dan menambang pasir secara berlebihan merugikan manusia dan alam sekitar.

“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagia dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (Q.S. Ar-Rum (30)/41)

Nah anak-anak sholih dan sholiha, ayat tersebut mengingatkan kepada manusia yang suka melakukan kerusakan dimuka bumi baik di darat maupun di laut. Allah swt mengingatkan agar manusia tidak melupakan akibat-akibat buruk yang akan diterima dari perbuatan-perbuatan tersebut. Karena manusia sering kali kurang peduli dari akibat yang akan muncul dari perbuatannya tersebut sehingga mengakibatkan kerusakan di bumi.

Oleh karenanya kita harus peduli kepada lingkungan ini. Bagaimana caranya? Tentu saja banyak yaa

Berikut ada beberapa contoh peduli lingkungan:

1.    1. Tidak menebang pohon sembarangan

2.    2. Merawat/menanam tanaman disekitar rumah

3.    3. Membuang sampah pada tempatnya

4.    4. Membersihkan lingkungan seperti membersihkan selokan, sungai, dan lain-lain.

Itu adalah bukti apabila kita peduli kepada lingkungan berarti kita menunjukkan contoh-contoh tersebut.

Nah anak-anak sholih dan sholiha, marilah kita menjaga dan peduli terhadap lingkungan.

Apa hikmah/manfaat yang akan kita dapatkan, jika kita menjaga dan peduli terhadap lingkungan.

1.    1. Bumi ini tidak akan cepat mengalami kerusakan

2.    2. Allah akan menyayangi kita karena telah menjaga Bumi ini

3.    3. Menunjukkan rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah menciptakan Bumi ini beserta isinya untuk manusia.

Itu adalah beberapa hikmah dan manfaat dari kita menjaga dan peduli terhadap lingkungan.

Demikian Video Pembelajaran kali ini, kalian dapat menunjukkan sikap peduli kalian terhadap lingkungan ini dan diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga materi tersebut bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menjadikan kita menjadi lebih sholih lagi.

Kita akan bertemu kembali dalam Video Pembelajaran berikutnya yaaa..

Tsummassalamu’alaykum warohmatullahi wabarokatuh.

Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!!

Hidup Bersih dan Sehat Peduli Lingkungan

LihatTutupKomentar