Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 3 BAB 1 Sesi 1

 

Sikap Percaya Diri Nabi Muhammad SAW

Assalamu alaikum warohmatullahi wa barokatuh.

anak-anakku solih solihah..!!

Kembali lagi kita belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Selamat datang di pembelajaran kelas 3 ya anak-anak solih solihah. semoga kita semua tetap sehat wal afiyat, dan senantiasa dilindungi oleh Allah Swt dari pandemi yang sedang melanda negeri kita tercinta ,Aamiin ya robbal ‘alamiin

Kali ini kita akan belajar tentang sikap percaya diri rosulullah.

Namun sebelum itu, marilah kita berdo’a agar apa yang kita pelajari hari ini bermanfaat.

Audzu billahi minasy syaithonirrojiim

Bismillahirrahmanirrahiim, Robbi zidni ‘ilman warzuqni fahman….Waj’alni minas sholihin

Anak-anakku yang sholih dan sholihah, nabi Muhammad merupakan suri tauladan bagi ummat islam.

Nabi Muhammad adalah orang yang memiliki sifat dan perilaku yang terpuji. Salah satu sifat terpuji beliau yang patut kita contoh adalah sikap percaya diri. tidak semua orang di dunia ini memiliki sipak percaya diri, apalagi seperti sikap percaya dirinya Rosulullah SAW dalam berdakwah menyebarkan agama islam.

Anak-anakku yang sholih dan sholihah, apakah ada yg sudah tahu, apa sih pengertian/ arti percaya diri itu? Dan apa saja manfaatnya?  

Percaya diri itu adalah kita percaya dan yakin atas kemampuan yang kita miliki. Orang yang percaya diri, apabila diberi tugas dan amanah, maka dia akan menjalankan dengan sebaik-baiknya dengan kemampuan yang ia miliki.

Misalnya ketika diberi tugas oleh orang tua atau guru, dia yakin bahwa dia mampu mengerjakannya dengan kemampuan yang diberikan oleh Allah kepadanya dan tidak mudah bergantung pada bantuan orang lain. Orang yang percaya diri, dia akan bergantung dan pasrah kepada ALLAH setelah dirinya melakukan usaha-usaha dengan sekuat tenaga dan fikiran, serta berdoa kepada Allah SWT.

Orang yang percaya diri, pasti akan selalu berfikir positif dan berprasangka baik kepada ALLah SWT. Dia akan merasa yakin bahwa Allah SWT akan memberikan pertolongan kepadanya.

Nah, selanjutnya bapak beri contoh sikap percaya diri dalam kehidupan sehari-hari:

Misalnya, suatu hari anak-anak diminta oleh bapak/ibu guru untuk tampil didepan kelas, entah itu mengaji, berpidato, membaca puisi, atau hanya sekedar menjawab pertanyaan. kalau anak-anak punya sikap percaya diri, maka pasti anak-anak akan berani dan tidak malu-malu untuk melaksanakannya. Betul tidak…..? Tapi, kalau tidak percaya diri, pasti langsung terdiam tanpa kata. Malah-malah bisa menangis atau cuma senyum-senyum saja. Bahkan bisa terkencing-kencing karena rasa malu, takut dan ragu-ragu yg bercampur aduk menjadi satu.

Contonya lagi, misalnya anak-anak sedang ke masjid, ini khusus yang laki-laki ini ya…

Pada saat itu sudah waktunya adzan, tapi pas saat itu juga petugas adzan sedang sakit tenggorokan, sehingga beliau itu tidak bisa adzan dan meminta kalian untuk adzan. “ayo ahmad, tolong adzan ya…!”

Kalau anak-anak bisa, maka anak-anak harus berani dan percaya diri mengumandangkan adzan di Masjid. Jangan malu-malu, atau ragu-ragu, harus percaya diri. jangan pura-pura pegang mic tapi adzan di HP yang di putar.….

Allahumma sholii ‘ala Muhammad.

Jadi, rasa percaya diri itu harus ditumbuhkan dan dilatih sedikit-demi sedikit agar ketika dewasa nanti sikap percaya diri akan melekat di dalam diri kita. 

Anak-anakku yang sholih dan sholihah, sikap percaya diri itu banyak sekali manfaatnya,           

Antara lain:

1.    Memiliki keberanian untuk melakukan sesuatu

2.    Tidak mudah tergantung pada orang lain.

3.    Menumbuhkan sikap mandiri, jujur, dan tidak mudah ragu-ragu.

Nah, ada yang tanya,

“bagaimana akibatnya pak jika kita masih kurang percaya diri?”

Oke, begini jawabannya, kalau kita tidak percara diri atau “nggak PeDe” maka kita pasti agak merasa canggung atau grogi, malu, takut, mudah putus asa, dll.

Anak-anakku yang sholih dan sholihah, mari kita tanamkan dan kita latih sikap percaya diri kita agar kita bisa meneladani sikap percaya diri Rosulullah Muhammad SAW.

Semoga ALLAH SWT menjadikan kita semua ummat islam yang memiliki sikap percaya diri dalam hal kebaikan, sehingga sikap percaya diri kita mendapatkan ridho dari Allah SWT. Amin ya robbal alamin….

Pergi ke laut mencari ikan

Ikan dicari untuk dimakan,

Demikian materi ini saya sampaikan,

kurang lebihnya mohon dimaafkan.

 

Ikan berduri, Ikan gabus

Percaya diri, itu Bagus…..

 

Wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh….


Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!!

Sikap Percaya Diri Nabi Muhammad SAW

LihatTutupKomentar