Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 4 BAB 1 Sesi 1

 

Membaca Q.S. Al-Falaq

Assalamualaikum  anak-anak yang soleh solehah….

Hari ini kita mulai belajar pendidikan agama Islam

Namun sebelum belajar, marilah kita berdoa kepada Allah agar apa yang kita pelajari hari ini mendapatkan pahala dari Allah SWT dan bermanfaat untuk kita semua.

Ayo semuanya kita sama-sama berdoa, kita mulai yaah..

Auzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmaanirrahim. Robbi zidni ilman, warzuqni fahman…. Waj’alni minas sholihin. Aamin.

Anak-anak….coba perhatikan gambar berikut :

Coba tebak gambar apa ini..? Yaa kita semua tahu diatas adalah gambar seorang guru dan siswa sedang belajar, mereka sedang belajar membaca Al-Quran. Kenapa sih kita harus membaca Al-Quran..? ada yang tahu..? apa sih manfaatnya kalau kita membaca Al-Quran..? emmmm…..????

Jawabanya adalah agar kita menjadi anak soleh dan solehah dan mendapatkan pahala kebaikan seperti sabda Nabi Muhammad SAW: Khairukum man ta`alamal qur`an wa `allamahu

yang artinya sebaik-baik kalian yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya. Jadi kalau kita belajar dan membaca Al-Quran kita termasuk anak yang baik, anak yang soleh dan solehah.

Baik anak-anakku yang soleh solehah, Kali ini kita akan belajar salah satu surat yang ada dalam Al-Quran yaitu Q.S. Al-Falaq.

Apa arti al-Falaq? Ada yang tahu..?

Al-Falaq artinya waktu subuh. Rasulullah saw. sering membaca surah ini, terutama ketika dalam perjalanan agar selalu terpelihara dan terhindar dari kejahatan.

Di dalam Q.S al-Falaq ini pada ayat pertama Allah Swt. memerintahkan Nabi Muhammad saw agar Membaca:

Yang artinya : “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (falaq)”. Maksudnya, Allah memerintahkan kepada nabi dan umatnya selalu berlindung kepada Tuhan agar terpelihara dari kejahatan.

Pada surah al-Falaq ini menceritakan: ada kejahatan makhluk, ada kejahatan malam apabila gelap gulita, ada kejahatan tukang sihir (mantera-mantera), dan ada kejahatan orang dengki. Apabila kita membaca Q.S al-Falaq, insya Allah kita akan terhindar dari berbagai kejahatan.

Dengan demikian, Q.S al-Falaq ini mengajarkan kepada manusia agar meminta pelindungan dari segala kejahatan hanya kepada Allah SWT. Dan hanya Allah SWT satu-satunya tempat berlindung.

Semuanya sudah memperhatikan tulisan dan artinya, kalau sudah mari kita sama-sama membacanya, berkali-kali.

Baiklah anak-anakku sholih sholihah kita sudah belajar Q.S Al-Falaq. Pesan Bapak/Ibu guru terus baca berulang-ulang di rumahnya masing-masing dan semangat belajar. 

Demikian pelajaran kita hari ini semoga apa yang kita pelajari hari ini bermanfaat dan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Aamin 3X ya Rabbal Alamin. Anak-anakku sholih sholihah insya Allah pertemuan selanjutnya kita akan belajar cara menulis Surah Al-Falaq dan cara mengahafalkannya. Kita tutup dengan doa, ayo bersama-sama kita ucapkan Hamdalah “ Alhamdulillahi Rabbil `Aalamiiin.

Wassalamu Alaikum wr.wb.

Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!!

LihatTutupKomentar