Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 5 BAB 1 Sesi 1

 

Melafalkan & menghafal Q.S At-Tin

 

Assalamu’alaikumwarohmatullaahi wabarokaatuh

Hai anak-anak yang soleh dan solehah.

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian semua  selalu dalam keadaan sehat wal’afiat yach… di tengah situasi pandemi saat ini yang harus kita lakukan adalah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, selalu berdoa, berfikir positif, dan yang paling penting, kalian harus tetap semangat belajar ya…. Terutama belajar PAI.

Anak-anak solih dan solihah, hari ini kita akan mulai pembelajaran 1.   Mari belajar surah Q.S. At-Tin.

Namun sebelum itu, marilah  kita berdoa terlebih dahulu agar apa yang kita pelajari hari ini bisa bermanfaat dan mudah kita fahami.

Auzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmaanirrahim, Robbi zidni ilman, warzuqni fahman. Waj’alni minassholihin

Ya Allah tambahkanlah aku ilmu dan pemahaman, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shalih.

Baik Anak-anak yang sholeh dan sholehah.

Tujuan pembelajaran kita kali ini adalah

·         Yang pertama, agar kalian dapat mengetahui keutamaan membaca Al-Qur’an

·         dan yang ke dua agar kalian dapat melafalkan & menghafal Q.S At-Tin dengan baik dan benar

Nah anak-anak tahu nggak, kenapa kita harus belajar Al-qur’an? apa saja sich keutamaan membaca Al-Qur’an?

yang pertama  Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam, maka kita sebagai umat Islam harus bisa membacanya dan mempelajarinya.

Yang ke 2. Nabi Muhammad SAW bersabda “ khoirukum manta’allamal qur’an wa’allamahu”  sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-qur’an dan yang mengajarkannya. Selain itu, membaca Al-Qur’an adalah ibadah, I huruf yang kita baca bernilai 10 kebaikan atau 10 pahala.

Berikutmya… ibu akan memperkenalkan surah Attin melalui tepuk ya…

Tepuk At-Tin

·         Nama surah prok3x attin, artinya prok3x buah tin, jumlahnya prok3x 8 ayat, surah ke prok3x 95, diturunkan prok3x di Makkah, Insya Allah prok3x aku bisa yes.

Baik anak anak yang sholeh dan sholehah, sekarang ibu akan melafalkan surat At-tin, ibu akan bacakan per lafal,  kalian dengarkan dengan baik dan kalian bisa sambil mengikuti.

Kita awali dulu dengan membaca ta’awuz dan basmalah

 

Kita ulang ssekali lagi bacaannya ya….

Anak-anak solih dan solihah…,itulah tadi cara membaca surat At-Tin. Sekarang, bagaimana cara kita menghafalnya? Caranya muda sekali anak-anak…  kalian cukup membacanya berulang-ulang ayat per ayat, contoh misalnya ayat pertama, wattini wazzaitun 3x ayat ke dua, watuuri siiniin 3x. ayat  ke 3 , ke 4 dan seterusnya sampai dengan ayat ke-8. dan minta bantuan ayah dan bunda di rumah untuk menyimak bacaan kalian ya…..

Anak-anak solih dan solihah….Cukup sekian pembelajaran kita hari ini. Untuk materi selanjutkan akan ibu bahas cara menulis, terjemah, dan isi kandungan surah At-Tin… Untuk itu saksikan terus chanel kesayangan kita, paI TV Balikpapan Official. Jangan lupa like, coment, subcribe, dan share ke teman2 kalian ya….

Terimakasih atas perhatiannya, kita akhiri dengan membaca hamdalah. Alhamdulillahi robbil ‘aalamiin.Subhanakallahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik. Waassalamu alaikum wr wb.

Silahkan disimak video dibawah ini!!!

Melafalkan & menghafal Q.S At-Tin

 

LihatTutupKomentar