Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 4 BAB 4 Sesi 2

 

TAYAMMUM

Assalamu`alaikum  anak-anak yang soleh solehah….

Hari ini kita kembali lagi belajar pendidikan agama Islam

Namun sebelum belajar, marilah kita berdoa kepada Allah agar apa yang kita pelajari hari ini mendapatkan pahala dari Allah SWT dan bermanfaat untuk kita semua.

Ayo semuanya kita sama-sama angkat tangannya, kita mulai yaah..

Auzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmaanirrahim. Robbi zidni ilman, warzuqni fahman…. Waj’alni minas sholihin. Aamin.

Baiklah anak-anak yang soleh-solehah tujuan pembelajaran kita hari ini adalah Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam. Dan Salah satu tata cara bersuci selain mandi dan wudhu adalah Tayammum

Anak-anak yang soleh dan solehah, ada yang tahu gambar apa disamping ? orang ini lagi ngapain yah ..? ya betul dia sedang melakukan tayammum.

Anak-anak yang soleh dan solehah, ada yang tau apa itu tayammum ? atau ada yang pernah melakukan tayammum..? kalau tidak tahu dan tidak pernah melakukan nih bapak/ibu akan jelaskan dan peraktekkan.

Oke yang pertama apa itu tayammum ? Tayammum merupakan keringanan yang Allah berikan bagi orang yang tidak mendapatkan air untuk bersuci atau bagi orang yang tidak diperkenankan menggunakan air karena sakit.

Tayamum adalah cara dalam Islam untuk bersuci dari hadas kecil atau besar dengan debu yang suci, dengan cara tertentu karena tidak ada air atau karena halangan memakai air. Tayamum dilakukan sebagai ganti dari wudhu atau mandi wajib.

Orang diperbolehkan tayamum apabila:

1.           Tidak ada air; sudah berusaha mencari air, tetapi tidak  mendapatkannya sedang waktu shalat sudah masuk.

2.           Sedang sakit; apabila terkena air bagian anggota wudhu-nya akan bertambah sakitnya menurut keterangan dokter.

3.           Dalam perjalanan/musafir dan sangat sulit mendapatkan air.

Sekarang Bagaimana Cara Melakukan Tayammum?


Pertama : Berniat tayammum untuk melakukan shalat fardhu, adapun niatnya adalah :


Kedua : Mengusap muka dengan debu yang bersih. Letakkan dua tangan pada debu dan usapkan ke wajah.

Ketiga : Mengusap dua tangan sampai siku dengan debu yang bersih.

Baiklah anak-anak yang soleh-solehah demikianlah pelajaran kita hari ini semoga apa yang kita pelajari hari ini bermanfaat, Aamin 3X ya Rabbal Alamin. Baik jangan lupa diulang yah belajarnya, Kita tutup dengan doa, ayo sama-sama kita ucapkan “ Alhamdulillahi Rabbil `Aalamiiin.

Wassalamu Alaikum wr.wb.

TAYAMMUM

LihatTutupKomentar