Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 4 BAB 7 Sesi 2


Mengenal Malaikat Allah dan Tugas-tugasnya

Assalamu’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh

Anak-anakku soleh dan solehah.

Berjumpa lagi dengan saya ibu/bapak ….

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiat.

Namun sebelumnya, bagi kalian yang belum subscribe chanel PAI TV silahkan subscribe dulu ya… tekan tombol like, share, dan coment, agar chanel ini bisa terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kita semua.

Baiklah anak -anak yang sholeh sholeha, sebelum belajar kita mulai, terlebih dahulu kita membaca doa sebelum belajar agar apa yang kita pelajari hari ini bisa bermanfaat dan mudah kita fahami. Aamiin

Auzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmaanirrahim, Robbi zidni ilman, warzuqni fahman.

Siapa di antara kalian yang tahu nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya? Ayo, coba sebutkan! Berikut ini adalah nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya yang harus diketahui oleh setiap muslim.

1. Malaikat Jibril, malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu.

2. Malaikat Mikail, malaikat yang bertugas menyampaikan rezeki.

3. Malaikat Raqib, malaikat yang bertugas mengawasi dan mencatat amal perbuatan baik manusia.

4. Malaikat 'Atid, malaikat yang bertugas mengawasi dan mencatat amal perbuatan buruk manusia.

5. Malaikat Ridwan, malaikat yang bertugas menjaga pintu surga.

6. Malaikat Malik, malaikat yang bertugas menjaga pintu neraka.

7. Malaikat Izrail, malaikat yang bertugas mencabut nyawa.

8. Malaikat Munkar dan Nakir, malaikat yang bertugas memberikan pertanyaan di alam kubur.

9. Malaikat Israfil, malaikat yang bertugas meniup sangkakala jika hari kiamat telah tiba

Nah, anak-anak. Penjelasan tadi memberikan gambaran tentang beberapa perilaku yang mencerminkan keimanan kepada malaikat Allah. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang perilaku-perilaku tersebut.

1. Suka bersedekah (peduli untuk menolong sesama). Nabi Muhammad bersabda, “Tidak ada satu hari pun, pada saat para hamba bangun di waktu pagi, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satunya berkata, Ya Allah, berilah ganti kepada orang yang berinfak. Yang lain mengatakan, Ya Allah, berilah kebangkrutan kepada orang yang kikir.” (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

2. Gemar menjalankan perintah-perintah Allah dan meninggalkan larangan-larangan-Nya. Misalnya, berbakti kepada orang tua, menghormati guru, dan menghargai kepada sesama. Selain itu mengunjungi orang yang sakit dan mendoakannya, mengunjungi saudara atau tetangga, dan sebagainya. Semua amal perbuatan kita akan dicatat oleh Malaikat Raqib dan Atid. Sebagaimana Allah berfirman, “Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir”. (Q.S Qaf /50: 18)

Mari kita akhiri dengan bacaan hamdalah  doa kafaratul majlis . alhamdulilaahirobbil’alamiin subhanakalaahumma wabihamdika asyhadu anla ilahailla anta astaghfiruka waatuubu ilaik.

Wassalamu’alaikumwarohmatullaahi wabarokaatuh

Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!! 

LihatTutupKomentar