Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 5 BAB 5 Sesi 1

 

Kisah teladan Nabi Daud a.s

dan nabi Sulaiman a.s.

 

Assalamu’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh

Haii anak-anak yang soleh dan solehah.

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian semua  selalu dalam keadaan sehat wal’afiat ya dan tetap semangat belajar PAI di chanel kesayangan kita PaI TV Balikpapan Official. Chanel edukatif, inspiratif, sahabat belajar di tengan pandemi.

Pada  pembelajaran kali ini kita sudah sampai di pembelajaran 5. Rasul Allah Idolaku Sub Materi Kisah Teladan Nabi Daud dan nabi Sulaiman as.

Namun sebelum itu, marilah  kita berdoa terlebih dahulu agar apa yang kita pelajari hari ini bisa bermanfaat dan mudah kita fahami.

Auzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmaanirrahim, Robbi zidni ilman, warzuqni fahman. Waj’alnii minash shoolihiin

Ya Allah berilah kami ilmu dan pemahaman, dan jadikan lah aku termasuk golongan orang-orang yang shalih. aamiin.

Baik Anak-anak yang sholeh dan sholehah.

Tujuan pembelajaran kita kali ini adalah:

·         Meyakini kebenaran kisah Nabi Daud a.s., dan nabi Sulaiman a.s

·         Meneladani sikap terpuji nabi Daud as dan nabi Sulaiman as, terutama sikap berani, rendah hati,patuh dan tunduk kepada Allah swt

·         Memahami kisah keteladanan Nabi Daud a.s.,

·         Menceritakan kembali  kisah keteladanan Nabi Daud a.s.,

Anak-anak, Sebelum kita belajar kisah nabi Daud san Sulaiman as, ibu mau membuka kembali ingatan tentang nabi dan Rasul. di kelas 4 kita telah belajar 25 rasul, masih ingat kan, iman kepada rasul termasuk rukun iman yang ke berapa? Rukun iman yang ke-4 ya anak-anak…, terus apa bedanya nabi dan Rasul? Nabi adalah laki-laki utusan Allah yang diberikan wahyu dan mukjizat untuk dirinya sendiri, sedangkan Rasul adalah laki-laki pilihan utusan Allah yang diberi wahyu dan mukjizat untuk dirinya dan di sampaikan kepada umatnya.

Mengidolakan rasul artinya mencintai dan meneladani perilakunya. Menjalankan ajaran-ajarannya. Siapa yang mencintai rasul akan bersamanya di dalam surgaNya nanti. Aamiin.

َقَدۡ كَانَ لَكُمۡ فِي رَسُولِ ٱللَّهِ أُسۡوَةٌ حَسَنَةٞ لِّمَن كَانَ يَرۡجُواْ ٱللَّهَ وَٱلۡيَوۡمَ ٱلۡأٓخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيرٗا 

Artinya “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (QS. Al Ahzab : 21) Maha benar Allah yang maha agung dengan segala Firmannya.

Kisah nabi Daud as

Nabi Dāūd a.s. adalah salah seorang nabi dari Bani Israil, yaitu dari Sibith Yahuda. Nama lengkapnya yaitu Nabi Dāwūd bin Ibsya bin Uwaid bin ‘Abir bin Salmun bin Nahsyun bin Uwainadab bin Irmi bin Hashrun bin Faridh bin Yahudza bin Ya’kub bin Ishaq bin Ibrahim al Khalil. Ia merupakan keturunan ke-13 dari Nabi Ibrāhim a.s.. Nabi Dāūd a.s. hidup pada masa Raja Tālūt yang beriman dan Raja Jālūt yang kafir. Ketika itu terjadi peperangan antara tentara Tālūt dan tentara Jālūt . Tentara Tālūt dapat mengalahkan Jālūt serta bala tentaranya dengan izin Allah Swt., dan Nabi Dāūd a.s. adalah salah seorang bala tentara Tālūt yang dapat membunuh raja Jālūt. Suatu ketika, sesudah Tālūt wafat, Nabi Dāwūd a.s. diangkat menjadi raja, Allah Swt. memberikan kerajaan dan ilmu pengetahuan kepada Nabi Dāūd a.s. Kemudian Allah Swt. mengangkatnya menjadi rasul dan memberikan karunia yang agung, yaitu kitab Zabur. Lihat dan bacalah firman Allah Swt. berikut ini.

 

 

 

Artinya: Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan Sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Dāūd. (Q.S. al-Isra'/17: 55)

 

Kitab Zabur adalah mu’jizāt bagi Nabi Dāūd a.s. Selain Zabur, keistimewaan Nabi Dāūd

a.s. lainnya adalah setiap pagi dan senja gunung-gunung bertasbih mengikuti tasbih Nabi Dāūd a.s. Ia juga memahami bahasa burung-burung. Binatang juga mengikuti tasbih Nabi Dāūd a.s. Selain itu, kerajaannya yang kuat belum pernah sekalipun dapat terkalahkan. Sebaliknya, Nabi Dāūd a.s. selalu mendapat kemenangan dari semua lawannya. Ia menduduki tahta kerajaan selama 40 tahun.

 

Di antara mu’jizāt Nabi Dāūd a.s. adalah dapat melunakkan besi seperti lilin, kemudian

ia dapat mengubah-ubah bentuk besi itu tanpa memerlukan api atau peralatan apa pun.

Dari besi itu, ia dapat membuat baju besi yang dikukuhkan dengan tenunan dari bulatan bulatan

rantai yang saling menjalin secara berkesinambungan. Jenis baju ini membuat pemakainya lebih bebas bergerak, karena tidak kaku seperti baju besi biasa yang dibuat dari besi lembaran. Tentang mu’jizāt-nya ini disebutkan dalam Surat Saba‘/34: 10-11 dan  Surat al-Anbiya’/21: 80. Allah Swt. memberi baju besi sebagai mu’jizat kepada Nabi Dāūd guna melindungi prajurit dari serangan musuh Allah. Nabi Dāūd a.s. adalah seorang Nabi yang amat taat kepada Allah, mempunyai kekuatan di dalam beribadah terutama salat malam dan berpuasa separuh tahun, yaitu sehari berpuasa dan sehari berbuka, berselang seling, serta banyak beramal sālih.

            Keberaniannya luar biasa, dia tidak melarikan diri ketika bertemu musuh. Keistimewaan Nabi Dāwūd a.s lainnya, ia mempunyai suara yang sangat merdu yang tidak ada bandingannya dari dahulu hingga sekarang. Apabila ia bernyanyi melagukan isi kitab Zabur, maka gunung-gunung dan burung-burung ikut bertasbih bersama Nabi Dāūd a.s.

Anak- anak yang sholih dan sholihah….

Selanjutnya… Kisah nabi Sulaiman as

Nabi Sulaiman as adalah putra nabi Daud a.s. Setelah nabi Daud a.s wafat maka nabi Sulaiman as inilah yang menggantikannya sebagai raja dari kerajaan bani israil. Mukjizatnya yang paling terkenal adalah diberinya keistimewaaan oleh Allah Swt yaitu beliau dapat memerintah bukan hanya kepada manusia saja melainkan juga kepada hewan angin, dan jin. Nabi sulaiman ini dapat menjadikan angin bertiup atas perintahnya ke tempat yang ia kehendaki. Allah pun menundukkan jin-jin untuk melayani nabi Sulaiman. Diantara mereka ada yang dapat membangun istana dan benteng-benteng, kemudian ada juga yang bertugas menyelam di laut untuk mengeluarkan mutiara dan batu butu mulia. Nah Allah memberi kekuasaan pada nabi Sulaiaman atas setan-setan yang hadir sehingga ia mampu mengikat mereka untuk mencegah kejahatannya. Allah juga memberinya mukjizat berupa kemampuan  untuk mengerti Bahasa binatang. Meskipun  beliau kaya raya dan berkuasa nabi Sulaiman tetap rendah hati dan patuh dan tunduk pada perintah Allah SWT. Kisah Nabi sulaiman ada dalam Alqur’an yaitu QS.An Naml ayat 15-44. Do’a nabi Sulaiman ini selalu dikabulkan oleh Allah.  Yaitu tidak ada seorangpun yang memiliki kerajaan besar dan kaya raya seperti kerajaannya.

 

Suatu ketika nabi Sulaiman a.s  beserta pasukannya memasuki sebuah lembah , di lembah itu ada banyak sarang semut.  Melihat banyaknya pasukan yang dibawa nabi Sulaiman maka para semutpun ketakutan mereka khawatir terinjak injak pasukan semut. Maka Ratu semut memerintahkan kepada semut-semut yang lain. Hai semut-semut masuklah kalian kedalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh nabi sulaiman dan tentaranya. Sedangkan mereka tidak menyadari keberadaan kita. Maka mendengar perkataan ratu semut yang ketakutan itu nabi sulaiman pun tertawa ia kemudian bersyukur kepada Allah yang tlah memberinya keistimewaan sehingga ia bisa memahani ketakutan para semut. Nabi sulaiman a.s kemudia berdoa kepada Allah .

“a’udubillaahiminasyyaitoonirrojiim

Bismilaahirrohmaanirrohiim..

Maka dia (sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar ) perkataan semut itu. Dan dia berdoa , “ Ya Tuhanku , anugerahkan aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku dan agar aku mengerjakan amal  soleh yang Engkau ridoi . Dan masukkanlah aku dengan rahmatMu kedalam golongan hamba-hama-Mu yang saleh.

Alhamdulillah pembelajaran nabi sulaiman sudah selesai. Jangan lupa contohlah sikap nabi Sulaiman untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang yang telah Allah berikannya.

Anak-anak sholih dan sholihah…

Dari kisah nabi Daud as dan Sulaiman as tadi, sikap teladan yang patut kita contoh adalah sikap berani membela kebenaran, selalu rendah hati meskipun berilmu, berkuasa  dan kaya harta, dan paling penting adalah selalu taat dan tunduk pada perintah Allah Swt.

Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga kita bisa meneladani sifat-sifat para rasul, terutama nabi Daud dan nabi Sulaiman a.s.

Terimakasih atas perhatiannya, kita akan kembali belajar di pembelajaran selanjutnya yaitu kisah nabi Ilyas,  Ilyasa dan Nabi Muhammad Swt.

Penasaran kan denagn kisah-kisahnya… sampai jumpa di minggu depan ya…

Wassalamu’alaikum wr wb.

Silahkan disimak video dibawah ini!!!

Kisah teladan Nabi Daud a.s

dan nabi Sulaiman a.s.



LihatTutupKomentar