Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 5 BAB 4 Sesi 2

Memperbanyak kebaikan di bulan Ramadhan

 

Assalamu’alaikum wr wb

Anak-anak Sholihah dan Sholihah hebat…

Apa kabar kalian semuanya? ibu harap kita semua dalam keadaan sehat wal’afiyat, tetap semangat belajar melalui channel kesayangan kita PAI TV Balikpapan Official, channel edukatif, inspiratif, sahabat belajar di masa pandemi.

Sepert biasa, mari kita awali pembelajaran kali ini dengan berdo’a.

Angakat ke dua tangan kalian

Bismillahiirohmaanirrohiim

Robbi zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa. Waj’alnii minash shoolihiin, aamiin.

Anak-anak… kembali lagi kita belajar pelajaran 4. Bulan Ramadhan yang Indah sub materi memperbanyak amalan di bulan Ramadhan

Tujuan pembelajaran kali ini adalah kita dapat mengetahui amalan-amalan sunnah di bulan Ramadhan

Sholih sholihah…

Ibu yakin kalian adalah anak-anak yang rajin beribadah dan beramal shalih. Terutama di bulan Ramadan. Karena di bulan ini setiap ibadah dan amal shalih yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Swt.

Ada amalan-amalan sunnah di bulan Ramadhan

Yang pertama. Shalat Tarawih berjama’ah di malam hari setelah shalat Isya’.

Setiap malam pada bulan Ramadhan orang-orang dewasa dan anak-anak, laki-laki dan perempuan berbondong-bondong pergi ke masjid dan musholla. Mereka melaksanakan shalat tarawih dan witir

Yang ke dua, Tadarus Al-Qur’an.

Tadarus Al-Qur’an artinya membaca Al-Qur’an secaratartil dengan tajwid dan makhraj yang benar atau dengan bacaan yang fasih. Selain membaca, ada lagi yang mempelajari isi kandungan Al-Qur’an. Tadarus dapat dilakukan secara sendiri-sendiri atau dengan cara bergantian, yaitu salah seorang membaca Al-Qur’an sedangkan yang lain menyimak atau memperhatikan bacaan tersebut. Ketika dijumpai kesalahan membaca, maka peserta yang lainnya segera membenarkannya sesuai dengan bacaan semestinya. Tidak dibenarkan jika salah seorang membaca Al-Qur’an sedangkan yang lainnya asik bercerita di dekat otang yang membaca Al-Qur’an tersebut.

Yang ke tiga adalah memperbanyak sedekah.

Bersedekah maksudnya memberikan sesuatu yang bermanfaat dengan orang lain dengan ikhlas karena mengharap rido Allah Swt. bisa dengan menolong orang lain dengan tenaga atau pikiran kita, bisa dengan harta kita, atau yang paling simple dengan senyum dan ramah kepada sesama.

Anak-anak yang sholih dan sholihah…. Itulah tadi penjelasan tentang amalan di bulan Ramadhan, semoga kita semua bisa mengamalkan dengan baik dan melakukannya dengan bersukacita.

Sekian pembelajaran kita hari ini, sampai jumpa di pertemuan berikutnya, tetap semangat, jaga kesehatan, dan selalu istiqomah di dalam kebaikan.

Wassalamualaikum wrwb.

Sampai jumpa…………………………….. 

Silahkan disimak video dibawah ini!!!

Memperbanyak kebaikan di bulan Ramadhan

LihatTutupKomentar