Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Pesantren Kilat: Ramadhan Penuh Makna di SD Negeri 009 Balikpapan Barat

Pesantren Kilat Ramadhan

SD Negeri 009 Balikpapan Barat

Admin - kkgpaibalikpapan


Balikpapan - Lantunan dzikir terdengar syahdu, membuka lembaran hari pertama pesantren kilat, hari ke 16 di bulan Ramadhan. Hari yang telah diprogram sebagai kegiatan rutin tahunan. Tiga hari pelaksanaan pesantren kilat di SDN 009 Balikpapan Barat dimulai tanggal 18, 19, dan 20 April 2022. Nuansa yang berbeda, langkah-langkah kaki kecil mengiringi kedatangan siswa satu persatu memasuki pintu gerbang sekolah dengan mengenakan  busana bernuansa Islami menyesuaikan tema saat itu. Program dan jadwalpun tertata rapi.

Shalat Dhuha mengawali kegiatan setiap hari. Tadarus Alquran, membaca Asmaul Husna dan surat-surat pendek, praktik wudhu, shalat, mengaji dan mendengarkan ceramah tentang kajian ilmu agama. Kegiatan pesantren lancar terkendali. Penyusun program diketuai oleh Mohamad Ismail dibantu susunan panitia teman seprofesi.

Hari Pertama. Bapak Djayeng Sasminto selaku Kepala Sekolah menyampaikan arahan setelah shalat Dhuha digelar dengan mewanti-wanti agar “Protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan."

Hari Kedua. Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Ibu Amini, turut meramaikan kegiatan Pesantren Ramadhan. Beliau berkunjung dan memantau langsung kegiatan. 

”Pada kesempatan ini anak-anak harus mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat”.

Kegiatan ini merupakan salah satu contoh gambaran penerapan dari enam karakteristik profil pelajar Pancasila, yaitu : Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, Kebhinekaan global, Bergotong royong, Kreatif, Mandiri, Bernalar kritis. Pelajar Pancasila merupakan pelajar yang memiliki karakter berlandaskan falsafah Pancasila atau memiliki nilai sila-sila Pancasila secara utuh dan komprehensif. Istilah pelajar Pancasila mulai diperkenalkan pada tahun 2020, hal ini tertuang dalam visi dan misi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. ujar beliau saat memberikan motivasi kepada siswa.


Hari Ketiga. Langit dilapisi mendung tipis, cuaca terasa sejuk, sangat mendukung dengan kegiatan hari terakhir pesantren Ramadhan. Seluruh siswa duduk berbaris rapi di lapangan mendengarkan ceramah Ustadz Muhammad Nasir, ketua DPD Hidayatullah kota Balikpapan.

“Shalat adalah tiang agama, apabila baik shalatnya maka amalan yang lain juga ikut baik. Jagalah shalat agar terhindar dari api neraka”,kata beliau dengan antusias. “Alhamdulillah…cerdas….sukses….Allahu Akbar”, pekikan siswa mengiringi ceramah Pak Ustadz.

“Shallallahu ‘ala muhammad…. shallallahu ‘alaihi wa sallam…." Lantunan dzikir dan  sholawat nabi dipimpin Syaifurrohman kembali menggema di langit Balikpapan menutup acara pesantren kilat. 


Untuk menumbuhkan profil pelajar Pancasila; Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan YME tercermin dalam kegiatan Pesantren Ramadhan seperti menggalang kebiasaan, melatih pelajar yang sungguh-sungguh melaksanakan ibadah puasanya sebagai kewajiban, memperkuat iman dan takwa dan membina akhlak mulia dengan harapan semoga kegitan ini bisa dilaksanakan setiap Ramadhan diamalkan setiap saat.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari kkgpaibalikpapan.com. Mari bergabung juga di Channel Youtube paitvbalikpapan" (***/full)

LihatTutupKomentar