Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Bulan Muharram 1444 H, Saatnya Hijrah



Portal KKG. Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam penanggalan kalender Hijriyah. Bulan ini merupakan salah satu bulan yang diistimewakan oleh Allah SWT diantara 4 bulan yang lainnya yaitu Zulqoidah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab, Sebagaimana firman Allah S. At-Taubah: 36 sebagai berikut: "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dual belas bulan, dalam ketetapan Allah diwaktu Dia menciptakan langit dan bumi. Diantaranya empat bulan Haram. Itulah (ketetapan) Allah dalam agama yang lurus. Maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam empat bulan itu. (Q.S. At Taubah:36)

Karena kesucian bulan ini, banyak amalan-amalan Sunnah yang diajarkan oleh nabi Muhammad Saw, diantaranya adalah berpuasa dan melakukan kebaikan-kebaikan di bulan Muharram.

Banyak peristiwa penting yang terjadi di bulan Muharram, mulai dari nabi-nabi terdahulu sampai dengan sejarah peradaban Islam. Salah satu peristiwa penting yang terjadi di bulan Muharram adalah Hijrahnya nabi Muhammad Saw beserta kaum Muslimin Makkah menuju Madinah setelah perjanjian Aqobah ke-2.

Lantas, apakah sebenarnya arti dari hijrah? Hijrah secara bahasa berarti berpindah.

Sedangkan makna hijrah yang sering dipergunakan masyarakat kita sehari-hari adalah berpindah dari hal buruk menuju hal yang lebih baik, berpindah dari tempat yang buruk menuju tempat yang lebih baik, bisa juga berpindah dari kebiasaan buruk menuju ke biasanya yang lebih baik.

Sebagai umat Islam yang baik, tentunya berhijrah sangatlah penting, dan bisa kita lakukan di waktu kapanpun. Berhijrah juga bisa kita artikan sebagai sarana memperbaiki yang sudah baik, menuju hal yang lebih baik untuk meraih kesempurnaan Islam, Iman, dan Ihsan./(f3ulf)

Dikutip dari berbagai sumber.


Dapatkan update Materi dan breaking news setiap hari dari kkgpaibalikpapan.com. Mari bergabung juga di Channel Youtube paitvbalikpapan"

LihatTutupKomentar