Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 2 BAB 4 Sesi 2

Perilaku Terpuji  (Kerjasama)

 Assalamu’alaikum warohmatullahi wa barokatuh

 Apa kabar anak-anak sholih dan sholiha, serta pemirsa PAI TV dimanapun berada?

Semoga masih dalam keadaan sehat wal ‘afiat, serta tetap semangat belajar yaa

 Kita bertemu kembali dalam video pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2. Pada video pembelajaran sebelumnya, kita membahas Pelajaran 3 Allah Maha Pencipta mengenai Al Khaliq. Maka dalam video pembelajaran kali ini kita memasuki Pelajaran ke 4 yaitu Perilaku Terpuji. Yang akan kita bahas pada video pembelajaran kali ini mengenai Kerjasama.

Tetapi sebelum kita memulai belajar, marilah kita berdoa terlebih dahulu agar pelajaran hari ini senantiasa mendapatkan Rahmat dan ridho dari Allah swt. serta bermanfaat.

A’udzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmanirrahiim

Robbi Zidni ‘ilmaa, warzuqni fahmaa, waj’alni minasshoolihiin.. aamiin.

Anak-anak yang sholih dan sholiha,

Allah mencintai orang-orang yang hormat dan patuh kepada orang tua, guru dan sesama anggota keluarga. Pernahkah kalian disuruh membantu ibu kalian membersihkan rumah? Jika ibu kalian membersihkan rumah sendiri, pasti akan sangat lama ya. Naah bagaimana cara, agar pekerjaan tersebut cepat selesai dan tidak melelahkan? Yaa, dengan cara bekerjasama. Salah satu contoh perilaku terpuji yang akan kita pelajari kali ini yaitu kerjasama. Semoga dalam video pembelajaran kali ini, anak-anak sholih dan sholiha dapat memahami arti dari kerjasama dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah kalian sudah siap menyimak materi ini? insyaAllah siap yaaa, mari kita mulai yuuuk.

Anak-anak sholiha dan sholiha, yang pertama akan kita pelajari yaitu pengertian dari kerjasama.

Kerjasama terdiri dari 2 kata, yaitu kerja dan sama. Kerja artinya melakukan suatu pekerjaan, sedangkan sama artinya bersama-sama. Jadi, Kerjasama memiliki arti melakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. Naah, itu tadi adalah pengertian dari Kerjasama.

Pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama itu indah.

Anak-anak sholih dan sholihah, selanjutnya kita akan membahas contoh dari Kerjasama. Sebelumnya, marilah kita simak terlebih dahulu video tentang kerjasama berikut ini.

video motivasi ”kerjasama” team work di Youtube.

Naah anak-anak yang sholih dan sholiha, itu tadi adalah beberapa kumpulan video contoh bekerja sama. Suatu pekerjaan yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan.

Kalian bisa kok mencontohkan sikap kerjasama di dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kita dapat bekerja sama  membantu orang tua kita untuk meringankan beban pekerjaan mereka, seperti membersihkan halaman rumah secara bersama-sama, pekerjaan ini bisa kalian lakukan setiap hari dirumah. Hitung-hitung kalian dapat meringankan tugas mereka, ganjarannya pahala dari Allah loh.

Kemudian kalian juga dapat bekerja sama disekolah, seperti membantu teman-teman kalian yang sedang membersihkan halaman sekolah secara bersama-sama. Walaupun tidak sedang piket, kita bisa membantu mereka menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.


Kemudian membersihkan ruang kelas seperti membersihkan papan tulis, menyapu kelas, membereskan meja guru dan teman, merapikan buku-buku, mengelap kaca yang kotor, dan masih banyak lagi bentuk kerjasama yang dapat kita kerjakan bersama-sama dengan teman. Ada juga kerja kelompok, itu juga dapat dilakukan secara bersama-sama dengan teman-teman. Itu semua contoh kerjasama dengan teman yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak semua kerjasama dapat dilakukan bersama-sama, ada juga kerjasama yang tidak boleh dilakukan. Diantaranya kerjasama dalam berbuat dosa dan melanggar aturan Allah SWT. Apa contohnya? Seperti kerjasama dalam mencontek, naah itu adalah perbuatan curang. Kira-kira boleh tidak? Tentu saja tidak boleh. Allah SWT. berfirman:

“... Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. ...” (Q.S. Al Maidah:2).

Naah anak-anak solih dan sholiha, dalam potongan ayat diatas menegaskan bahwa diperbolehkannya tolong menolong atau kerjasama dalam perbuatan yang baik apalagi dalam bertakwa kepada Allah, dan larangan menolong dalam perbuatan dosa atau perbuatan yang melanggar aturan Allah SWT. Berarti sikap tolong menolong adalah cerminan dari keimanan kita kepada Allah SWT., karena kita sudah melakukan perintah dari-Nya.

Selanjutnya di dalam perilaku kerjasama, memiliki hikmah dan manfaat. Apa sih hikmah dan manfaat yang dapat kita ambil dari berperilaku terpuji Kerjasama, antara lain yaitu:

1.  Dapat mempererat ikatan persaudaraan, mengapa? karena kita berhubungan dengan orang lain dalam kebaikan dan saling membantu. Apabila kalian mendapatkan kesusahan dan dibantu oleh orang lain, pasti kalian senang kan. Naah sebaliknya, orang lain akan senang mendapatkan bantuan dari kita. Dan hal itu akan mempererat ikatan persaudaraan.

2.  Pekerjaan akan lebih ringan, tentu saja. Pekerjaan yang awalnya banyak, apabila dibagi-bagi pasti akan menjadi lebih ringan.

3.  Pekerjaan akan cepat selesai. Seperti hal yang diatas, apabila pekerjaan lebih ringan, pasti akan lecih cepat selesainya.

Naah anak-anak sholih dan sholiha, bagaimana jika kita tidak mau bekerjasama? Pasti beban pekerjaan hidupa akan lebih berat.

Baik anak-anak yang sholih dan sholihah, demikian materi tentang Kerjasama dalam Pelajaran Perilaku Terpuji. Semoga kalian dapat memahami materi tadi dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari yaa. Kita akan bertemu pada video pembelajaran berikutnya mengenai sikap tolong menolong.

Mari kita akhiri Pembelajaran kali ini dengan mengucapkan Hamdallah ‘Alhamdulillahhi rabbil’alamin’

Wassalamu’alaykum warohmatullahi wabarokatuh.

Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!!

Perilaku Terpuji  (Kerjasama)

LihatTutupKomentar