Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 3 BAB 4 Sesi 3

 SIKAP PEDULI

Apa kabar anak-anak sholih dan sholihah, serta pemirsa PAI TV dimanapun berada, bagaimana kabar hari ini?

Semoga selalu dalam keadaan sehat wal ‘afiat, semangat serta dalam perlindungan Allah Swt ya...!! Aaamiiin...

Kita bertemu kembali dalam video pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 3. Pada video pembelajaran sebelumnya, kita membahas Pelajaran pelajaran ke 3 TENANG DENGAN BERPERILAKU TERPUJI sub tema TAWADHU pada pembelajaran kali ini kita masih akan membahas pelajaran ke 3 TENANG DENGAN BERPERILAKU TERPUJI sub tema PEDULI

Sebelum kita belajar, mari kita berdoa terlebih dahulu agar dalam pembelajaran kali ini mendapatkan Rahmat serta Ridho dari Allah Swt.... Aamiin

A’uudzubillahiminasy-syaithoonirrojiiim

Bismillahirrahmanirrahiim

Robbi Zidnii ‘ilmaa, warzuqni fahmaa, waj’alni minasshoolihiin.. Aamiin

Anak-anak yang sholih

Perhatikan Infografis berikut!

Bullying (dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “penindasan/risak”) merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.

Anak-anak yang dirahmati Allah Ta’ala, bullying merupakan perbuatan buruk yang mendatangkan dosa. Karena sebagai muslim seharusnya kita tidak mengganggu orang lain dan bahkan memberikan pertolongan jika ada orang yang memerlukan bantuan.

Allah Swt. akan selalu menolong hamba-Nya selama hambaNya itu menolong saudaranya. Allah Swt. akan memberikan kemudahan kepada orang yang memudahkan orang yang sedang kesulitan. Allah Ta’ala berfirman :

Terjemahan :

Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. . . (QS. Al-Maaidah/5:32)

Dalam ayat ini Allah Ta’ala menjelaskan bahwa seseorang yang menjaga kehidupan orang lain maka seperti menjaga kehidupan seluruh manusia. Ayat ini merupakan pelajaran bagi kita untuk peduli kepada orang lain dari manapun dia berasal.

Bahkan terhadap sesama muslim Allah menyatakan bahwa muslim itu bersaudara. Allah Ta’ala berfirman :

Terjemahan :

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara . . . (QS. Al-Hujurat/49:10)

Maka sudah seharusnya kita berlaku lebih baik kepada saudara-saudara kita yang muslim.

Nabi Muhammad saw. Juga mengajarkan kita agar peduli kepada sesama dan membantu kesulitan orang lain. Beliau bersabda “Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. (HR. Muslim)

Peduli berarti memberikan perhatian atau memperhatikan. Orang yang peduli selalu memperhatikan dan membantu orang lain dalam kesulitan.

Sebagai seorang muslim kita harus peduli terhadap tiga hal, yaitu:

  1. Peduli kepada diri sendiri. Kita harus memperhatikan diri kita sebagai bentuk bersyukur terhadap nikmat yang Allah Ta’ala berikan kepada diri kita. Contoh perilaku peduli kepada diri kita adalah 1) menjaga dan merawat kebersihan dan kesehatan tubuh kita, 2) rajin belajar dan menuntut ilmu, dan 3) Semangat dalam melaksanakan ibadah terutama shalat lima waktu
  2. Peduli kepada orang lain. Kita harus memperhatikan orang-orang di sekitar kita terutama orang-orang yang terdekat misalnya keluarga seperti ayah, ibu, saudara dan teman-teman, karena jika mereka mengalami kesusahan maka niscaya kita juga akan merasa sedih. Bentuk perilaku peduli kepada orang lain adalah 1) saling membantu dan menolong orang lain, dan 2) saling memberikan nasehat dalam kebaikan
  3. Peduli kepada lingkungan. Lingkungan merupakan tempat dimana kita berada. Kita harus peduli kepada lingkungan karena alam semesta merupakan ciptaan Allah Ta’ala, dan sebagai manusia kita diperintahkan untuk mengelola dengan sebaik-baiknya. Bentuk perilaku peduli kepada lingkungan adalah 1) merawat dan menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan, dan 2) tidak merusak lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Sebagai seorang muslim kita diperintahkan untuk menunjukan sikap peduli baik kepada diri sendiri, orang lain dan lingkungan. Seseorang yang tidak mempunyai sifat peduli akan mudah terjerumus ke dalam korupsi. Pelaku korupsi hanya peduli kepada dirinya sendiri dan tidak peduli kepada orang lain dan lingkungan dalam urusan dunia. Pelaku korupsi tidak peduli akan keadaan dirinya nanti di hari kiamat karena perbuatan buruknya akan mendatangkan siksa Allah Ta’ala di akhirat kelak.

Semoga Allah Ta’ala menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang memiliki sikap peduli, baik terhadap diri sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitar sehingga bisa menjadi hamba-Nya yang sholeh dan sholeheh  dan bermanfaat bagi orang lain.

KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Pengertian Peduli adalah memberikan perhatian atau memperhatikan

Hal-hal yang harus kita pedulikan :

  1. Peduli kepada diri sendiri
  2. Peduli kepada orang lain
  3. Peduli kepada lingkungan

 Demikian materi pembelajaran kali ini, semoga Allah Ta’ala menjadikan kalian anak yang mandiri, sholeh dan sholehah, berbakti kepada orang tua, dan berguna bagi ummat dan bangsa!

Sebelum kita tutup pelajaran kita pada hari ini marilah kita bembaca hamdallah“Alhamdulillaah”

Cukup sekian dan terima kasih

Assalamualaikum Wr.Wb 

Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!

LihatTutupKomentar