Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 5 BAB 1 Sesi 2

Menulis dan terjemah dan isi kandungan Q.s Attiin

 

Assalamu’alaikumwarohmatullaahi wabarokaatuh

Haii anak-anak yang soleh dan solehah.

Kembali lagi kita belajar Pendidikan agama Islam dan budi pekerti

Pada  pembelajaran kali ini masih di pembelajaran pertama Mari belajar surah At-Tin. sub materi Menulis dan Makna Kandungan Qs. Attin.

Sebelum itu, marilah  kita berdoa terlebih dahulu agar apa yang kita pelajari hari ini diberikan kemudahan dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Auzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmaanirrahim, Robbi zidni ilman, warzuqni fahman. Waj’alni.. minasshoolihiin

Ya Allah tambahkan lah aku ilmu, nerikan aku kemudahan, dan jadikan aku termasuk golongan orang-orang shalih, amin ya robbal ‘alamiin.

Baik Anak-anak yang sholeh dan sholehah.

Tujuan pembelajaran kita kali ini adalah

·         Yang pertama, agar kalian dapat menulis QS. At Tin

·         dan yang ke dua agar kalian dapat memahami terjemah dan isi kandungan Qs. Attin

Nah anak-anak, minggu lalu kalian sudah belajar bagaimana cara membaca dan menghafalkan  Qs. Attin dengan baik dan benar, maka hari ini anak-anak akan belajar tentang cara menulis QS. Attin, terjemah dan isi kandungannya.

 Anak-anak, sebagai seorang muslim kita harus bisa menulis huruf Alqur’an dengan baik, karena menulis huruf Alqur’ān akan memperoleh ilmu dan keterampilan serta pahala dari Allah Swt. Menulis huruf Alqur’ān tidaklah sulit, asalkan rajin dan teliti, serta penuh kesabaran. Cara menulisnya kita mulai dari sebelah kanan ya…

Dalam menulis huruf-huruf Alqur’ān sebaiknya memperhatikan letak huruf-hurufnya. Ada huruf yang ditulis letaknya di atas garis buku, ada pula huruf yang ditulis memotong garis buku. Perhatikan contoh berikut! 

Contoh kalimat basmalah dan kata wattini pada surat at-Tin.  



Bagaimana anak-anak…. Cukup mudah bukan…. Selanjutnya kalian bisa menyalin lafal Q.s Attin yang ada di halaman 5 dan 6 buku siswa kalian ya… salinlah dengan tepat, rapi, dan teliti. Mintalah bantuan ayah buda di rumah untuk mengkoreksi hasil tulisan kalian ya…

Berikutnya… kita akan belajar tejemah dan isi kandungan Q.s attin. Ibu akan melafalkan lafal dan terjemah Q.s. attin. Simak baik-baik ya anak-anak…


Anak-anak taukah laian mengapa dinamakan Surat  Attin? Surat ini dinamakan Attin diambil dari kata Attin yang terdapat pada ayat pertama yang artinya buah Tin. Surat Attin  adalah surat  ke-95 dalam Al-qur’ān yang berjumlah 8 ayat dan termasuk golongan surat  yang turun di Mekah atau disebut juga surat  Makkiyyah.

Sekarang marilah kita perhatikan makna kandungan dari Surat At Tin

Ayat Pertama, Allah bersumpah demi bua tin dan Zaitun, buah tin adalah buah yang enak dan lembut serta mudah dicerna. Buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya memperhalus kulit, mengencerkan dahak, membersihkan ginjal, menghancurkan batu pada saluran air seni, serta dapat melonggarkan rongga hati dan limpa. Zaitun adalah buah yang memiliki keistimewaan karena kandungan minyaknya yang berlimpah dan sangat baik pula untuk kesehatan.

Ayat Kedua, Allah juga bersumpah demi gunung Sinai. Gunung Sinai terletak di Semenanjung Sinai, lintasan antara Tanah Mesir ke Israil, Arab, dan Mesopotamia. Gunung setinggi 2,285 meter ini juga dikenal dengan nama Jabal Musa (Gunung Nabi Musa), karena di tempat ini, Nabi Musa menerima wahyu pertama dan diangkat menjadi Rasul. Pada malam mi’rāj, Rasulullah saw. berhenti sebentar di tempat ini dan melaksanakan salat sebagai penghormatan beliau pada kesucian tempat tersebut.                     

Ayat ketiga, Allah bersumpah demi negeri yang aman. Yang dimaksud negeri yang aman adalah kota Mekah. karena siapa pun yang memasukinya akan terjaga keamanan dan keselamatannya. Ka’bah sebagai kiblat umat muslim di dunia ada di kota ini.  Kota Mekah juga disebut sebagai Ummul Qurā’ dan Tanah yang Aman.

Ayat keempat Allah Swt. menjadikan manusia dalam sebaik-baik bentuk/rupa. Proses kejadian manusia tidak sama dengan kejadian makhluk-makhluk lain. Manusia memiliki jasmani, rohani, akal dan nafsu. Anggota tubuh manusia serasi dan seimbang sehingga tampak indah dan cantik. Manusia harus mampu menjaga keseimbangan yang dimilikinya agar menjadi insan mulia.

Ayat kelima Allah Swt. mengingatkan manusia, sekali pun mereka sempurna, tetapi dapat turun  derajatnya menjadi hina karena pengetahuan, sikap, dan perilakunya apabila telah keluar dari aturan yang telah ditetapkan oleh Allah Swt. melalui Alqur’an dan ajaran rasul-Nya.

Ayat keenam Orang-orang yang tidak pernah hina adalah mereka yang beriman  dan melaksanakan amal Sholih. Orang yang demikian itu akan selamat dari kehinaan dunia dan akhirat.

Ayat ketujuh Pada hari kiamat nanti ada hari pembalasan terhadap perbuatan manusia yang baik dan buruk. Manusia seharusnya tidak meragukan dengan adanya hari pembalasan, karena Allah Swt. sudah menunjukkan bukti-buktinya. Allah Swt. memberikan akal kepada manusia untuk berpikir tentang ciptaan-Nya, dan hati untuk merasakan iman. Pertanyaan Allah Swt. itu untuk mengingatkan adanya hari kiamat  agar manusia tidak lupa dan lalai sehingga terjerumus dalam dosa dan kehinaan.

Ayat kedelapan Allah Swt. adalah Yang Maha Mengetahui, sebagus-bagus pencipta dan pengatur segala urusan. Allah Swt. yang memberi keputusan atas segala persoalan. Tiada perbuatan walau sekecil biji sawi pun yang dapat terlepas dari pengadilan-Nya. Pengadilan Allah Swt. adalah sebaik-baik pembuat keputusan. Allah Swt. Maha Pengasih kepada hamba-Nya. Ia senantiasa mengingatkan agar manusia tidak lupa diri. Jika ternyata manusia masih melakukan dosa, maka karena keadilan-Nya, manusia akan menanggung akibat dan pembalasan atas dosanya itu. Allah Swt. juga telah menyiapkan kenikmatan bagi orang yang menjalankan syari’atnya.

Baik anak-anak solih dan solihah…,itulah tadi cara menulis, terjemah dan isi kandungan Qs. Attin. Semoga kita semua bisa mengamalkan dan mengambil hikmahnya ya…

Akhirnya…sekian pembelajaran kita kali ini.Terima kasih atas perhatiannya. Tetap semangaat belajar dari rumah , gunakan waktu sebaik mungkin dan jangan lupa tetap berdoa dan jaga kesehatan. Semoga Allah swt selalu melindungi kita semua. Aamiin.

Mari kita akhiri dengan bacaan hamdalah, alhamdulilaahirobbil’alamiin subhanakalaahumma wabihamdika asyhadu anla ilahailla anta astaghfiruka waatuubu ilaik.

Assalamu’alaikumwarohmatullaahi wabarokaatuh

Anak-anak solih dan solihah….Cukup sekian pembelajaran kita hari ini. Untuk materi selanjutkan akan ibu bahas cara menulis, terjemah, dan isi kandungan surah At-Tin… Untuk itu saksikan terus chanel kesayangan kita, paI TV Balikpapan Official. Jangan lupa like, coment, subcribe, dan share ke teman2 kalian ya….

Terimakasih atas perhatiannya, kita akhiri dengan membaca hamdalah. Alhamdulillahi robbil ‘aalamiin.Subhanakallahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik. Waassalamu alaikum wr wb.

Silahkan disimak video dibawah ini!!!

Menulis dan terjemah dan isi kandungan Q.s Attiin






LihatTutupKomentar