Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 5 BAB 2 Sesi 1

 MENGENAL NAMA ALLAH DAN KITAB-KITAB-NYA

 

Assalamu’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh

Hai anak-anak  soleh dan solehah.

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian semua  selalu dalam keadaan sehat wal’afiat yach dan tetap semangat belajar PAI.

Pada  pembelajaran kali ini kita akan belajar tema yang kedua yaitu materi Mengenal nama allah dan Kitab-kitabNya. Adapun sub materi yang akan kita bahas adalah mari mengenal Allah SWT.

Namun sebelumnya, bagi kalian yang belum subscribe  chanel PAI TV silahkan subscribe dulu ya… tekan tombol like kemudian share chanel pai tv  agar chanel ini bisa terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kita semua.

Baik soleh solehah, marilah  kita berdoa terlebih dahulu agar apa yang kita pelajari hari ini bisa bermanfaat dan mudah kita fahami.

Auzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmaanirrahim, Robbi zidni ilman, warzuqni fahman.

Ya Allah berilah kami ilmu dan pemahaman yang baik amiin.

Baik Anak-anak soleh solehah,

Tujuan pembelajaran kita kali ini adalah

·         Yang pertama, agar kalian dapat mengenal Allah melalui asmaul husna Al Mumit ,al hayyu, Al qoyyum, Al  ahad.

·         dan yang kedua agar kalian dapat memahami dan mengamalkan makna asmaul Husna Al Mumit, Al hayyu, Al qoyyum, dan Al ahad dalam kehidupan sehari-hari.

Nah anak-anak soleh solehah , sudah menjadi kebiasaan apabila kita ingin mengenal sesuatu misalnya mengenali orang, hewan, tumbuhan dan benda alam lainnya yang pertama ditanyakan adalah namanya. Demikian juga halnya Tuhan. Siapakah Tuhan ? Agama Islam menyebutnya Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Nah untuk mengenal lebih jauh siapakah Allah ? Jawabannya ada pada asmaul husna.

Oleh karena itu Allah mewahyukan namanya kepada manusia melalui Al-Qur’an. Disana disebutkan nama-nama Allah Swt sebanyak 99 nama atau disebut Alasmaul husna yang artinya nama-nama Allah yang baik dan indah.

Ada 4 Asmaul husna yang akan kita pelajari kali  yaitu:

1. Al mumit artinya yang Maha mematikan.

2. Al hayyu artinya yang Maha menghidupkan 

3. Alqoyyum artinya yang Maha berdiri sendiri/mandiri

4. Al ahad artinya yang maha esa


Allah telah berfirman dalam Al qur’an “ Kullu nafsin Dzaaiqotul Mauut” yang artinya ‘Setiap yang bernyawa pasti akan mati.” Oleh karena itu kematian tidak dapat dihindari manusia, kematian bukanlah sesuatu yang di takuti karena sesungguhnya kematian adalah tangga menuju kebahagiaan yang abadi.

Nah… untuk menghadapi datangnya kematian, maka kita seharusnya melakukan perbuatan yang terpuji dan meninggalkan perbuatan tercela, sehingga jika kita mati maka dalam keadaan husnul khotimah (mati dalam keadaan baik) bukan su’ul khotimah ( mati dalam keadaan buruk )

Asmaul husna yang kedua yaitu Al Hayyu artinya Allah Maha Hidup

Al Hayyu mengandung arti bahwa Allah swt hidup kekal selama lamanya dan tidak akan pernah binasa. Allahlah yang memberikan kehidupan kepada makhluk-makhlukNya. Manusia, hewan, tumbuhan dan makhluk ciptaan Allah yang lain bisa rusak dan binasa. Hanya Allah dzat yang maha hidup kelak selama-lamanya.

Hidup atau mati ada dalam kekuasaan Allah swt.

 Contoh banyak orang yang sedang mengalami sakit berat, tapi Allah masih memberikan kesempatan untuk hidup. Sebaliknya sering kita melihat orang tidak sakit kondisi dalam keadaan sehat wal afiat tiba-tiba saja terdengar sudah meninggal dunia. Apalagi di saat pandemi ini ya anak-anak…. Banyak orang yang meninggal secara tiba-tiba.

Oleh karena itu kita sebagai muslim yang baik sepatutnya bersyukur kepada Allah yang telah memberi kita kehidupan dengan cara menggunakan waktu yang kita miliki untuk selalu beramal shalih.

 


Asmaul husna yang ketiga yaitu Al Qayyum (Yang maha berdiri atau mandiri )

Mengandung arti bahwa Allah SWT berdiri sendiri untuk selama-lamanya. Allah memberikan pendidikan kepada manusia bahwa hidup tidak selalu bergantung kepada orang lain.

Soleh solehah juga harus memiliki sikap kemandirian saat dirumah maupun disekolah. Seperti membersihkan dan merapikan  tempat tidur setelah bangun tidur sendiri, selesai makan mencuci piring dan gelas sendiri, mencuci baju dan menyetrika baju yang kita pakai , menyiapkan peralatan sekolah atau peralatan belajar sendiri dll. Berdoalah selalu “ Ya Allah Ya Qayyum wahai Allah yang Maha berdiri sendiri , jadikanlah hidup kami agar tidak selalu bergantung kepada orang lain”.

Asmaul husna yang ke empat adalah Al Ahad, artinya Allah Maha Esa.

Disebut pula dengan Al Wahid, artinya yang Maha Tunggal

Artinya Allah itu maha tunggal dan Maha esa  tiada sekutu bagi Allah SWT, Satu satunya tuhan yang kita sembah dan kita agungkan.  Orang yang menyekutukan Allah disebut Musyrik, dan perbuatan menyekutukan Allah disebut syirik.

Cara mengesakan Allah dengan hanya memohon dan meminta kepadaNya. Tidak kepada selainNya. Biasakan berdoa kepada Allah, begini ya doanya anak-anak…Ya Allah, Engkaulah tuhan satu satunya tiada sekutu bagiMu. Engkau tempat meminta. Jadikanlah aku dapat hidup dengan baik, selamat  di dunia dan di akhirat. Aamiin

Anak-anak yang soleh dan solehah…Apakah kalian ingin terpuji di hadapan Allah swt?

Ya..pasti kalian semua ingin terpuji dihadapan Allah Swt. Mari kita bersikap dan berperilaku dengan cara mengamalkan Asmaul husna.

Nah anak-anak soleh solehah…itu adalah penjelasan tentang cara mengamalkan Asmaul husna Al mumit, Al hayyu, Al qayyum, dan al ahad. Bagaimana cara kita menghafalkan asmaul husna dan artinya? Caranya sangat mudah ya soleh solehah…kalian bisa membuat tabel atau maind mapping di buku kalian sambil terus putar materi ini tentunya di chanel PAI TV Balikpapan. Insya Allah kalian dengan cepat akan mudah menghafal dan mengingatnya .

Cukup sekian pembelajaran kita kali ini.Terima kasih atas perhatiannya. Tetap semangaat belajar dari rumah , gunakan waktu sebaik mungkin dan jangan lupa tetap berdoa dan jaga kesehatan. Semoga Allah swt sll melindungi kita semua. Aamiin.

Mari kita akhiri dengan bacaan hamdalah  doa kafaratul majlis . Alhamdulilaahirobbil’alamiin subhanakalaahumma wabihamdika asyhadu anla ilahailla anta astaghfiruka waatuubu ilaik.

Assalamu’alaikumwarohmatullaahi wabarokaatuh

Silahkan disimak video dibawah ini!!!

MENGENAL NAMA ALLAH DAN KITAB-KITAB-NYA


LihatTutupKomentar