Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 5 BAB 2 Sesi 2

MENGENAL KITAB-KITAB ALLAH SWT

 

Assalamu’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh anak-anak  yang soleh dan solehah.

Bagaimana kabarnya ? Semoga anak-anak semua sehat yach dan tetap semangat belajar PAI.meskipun  belajarnya masih dari rumah.

Pada  video pembelajaran kali ini kita akan belajar “ Mengenal Kitab-kitab Allah dan ajaran terpuji dalam kitab-kitab Allah Swt”

Namun sebelumnya, bagi kalian yang belum subscribe  chanel PAI TV silahkan subscribe dulu ya… tekan tombol like kemudian share chanel pai tv  agar chanel ini bisa terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kita semua.

Baik anak-anak  yang soleh solehah marilah  kita berdoa terlebih dahulu agar apa yang kita pelajari hari ini bisa bermanfaat dan mudah kita fahami.

Auzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmaanirrahim, Robbi zidni ilman, warzuqni fahman.

Ya Allah berilah kami ilmu dan pemahaman yang baik amiin.

Baik soleh solehah, Tujuan pembelajaran kita kali ini adalah

Dengan mempelajari materi ini kalian diharapkan bisa memahami makna diturunkannya kitab melalui para Rasul dan yang kedua kalian bisa menyebutkan macam-macam kitab Allah dengan benar.

sebelumnya mari kita perhatikan ayat Al-Qur’an berikut ini

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya(Muhammad) dan kepada kitab (Al-Qur’an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barang siapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sungguh orang itu telah tersesat sangat jauh  

Nah anak-anak dalam ayat tersebut Allah Swt menyuruh manusia untuk beriman kepada kitab al-Quran dan kepada kitab-kitab yang diturunkan kepada para rasul sebelumnya, Jika tidak beriman kepada kitab-kitab itu, maka orang itu tergolong orang yang sesat.

Iman kepada kitab-kitab Allah merupakan rukun iman yang ke tiga

Apa itu iman? Iman artinya percaya. 

Lalu bagaimana cara kita beriman kepada kitab-kitab Allah Swt ?

Caranya, dengan meyakini bahwa Allah Swt telah menurunkan kitab-kitab-Nya  kepada para Rasul-Nya melalui Malaikat Jibril.

Sebagai orang-orang yang beriman, Kitab-kitab tersebut harus dijadikan pedoman hidup untuk menuntun dan mengatur cara kita bersikap dan berperilaku, agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat

Lalu apa saja kitab-kitab Allah itu ? yuk perhatikan ya nak penjelasannya !

Allah telah menurunkan empat kitab suci serta beberapa suhuf yang diberikan kepada nabi dan rasul yang berbeda zaman dan umatnya. Semua kitab suci dan suhuf tersebut diturunkan oleh Allah kepada para nabi dan rasul untuk dijadikan sumber kebenaran dan petunjuk untuk memperoleh keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Kitab suci tersebut adalah sebagai berikut :

1.Kitab Taurat

Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa a.s. kurang lebih pada abad 12 SM (sebelum masehi) di daerah Israil dan Mesir. Kitab Taurat menggunakan bahasa Ibrani.

2.Kitab Zabur

Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud a.s. Ketika beliau menduduki tahta sebagai raja Bani Israil pada abad 10 SM di tanah Kanaan.

3.Kitab Injil

Kitab Injil diturunkan kepada Nabi isa a.s. pada sekitar abad 1 Masehi di daerah Yerussalem. Dalam bahasa Yunani Injil berarti kabar selamat, pelajaran yang baru atau kabar gembira.

4.Kitab al-Qur’an

Kitab al-Quran mulai diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. pada abad 6 Masehi di Mekah. Peristiwa turunnya ayat al-Qur’an atau  dikenal dengan Nuzulul Quran, terjadi pertama kali ketika Nabi Muhammad menyendiri di Gua Hira, Mekah. Turunnya al-Qur’an menandai awal diangkatnya Muhammad saw sebagai Rasulullah (utusan  Allah Swt), usia beliau saat itu genap 40 tahun.

 Al-Qur’an terdiri dari 114 surat, terbagi dalam 30 juz dan 6236 ayat. Al-Qur’an diwahyukan selama 22 tahun 2 bulan dan 22 hari.

Al-Qur’an menyempurnakan seluruh hukum-hukum Allah Swt. yang terdapat dalam kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya.

Al-Qur’an diturunkan untuk seluruh umat manusia sebagai rahmat bagi semesta alam atau disebut juga Rahmatan lil‘Alamin.

Nah anak–anak tadi kita sudah menyimak penjelasan kitab-kitab Allah SWT,  Kitab-kitab tersebut adalah petunjuk  bagi manusia, bagaimana cara berperilaku  dalam kehidupan ini. Karena didalam kitab-kitab tersebut banyak sekali ajaran-ajarannya misalnya :


1. Ajaran terpuji kepada Sang Pencipta Allah Swt. Diantaranya dengan beribadah dan berdoa

2. Kemudian ajaran terpuji kepada sesama manusia. Diantaranya menolong sesama dan bersikap ramah kepada sesama

3. selanjutnya ajaran terpuji kepada hewan dan tumbuhan. Diantaranya memberi makan hewan dan merawat tanaman

4. Bahkan ada ajaran terpuji juga kepada diri sendiri. Diantaranya adalah memotong kuku untuk membersihkan diri dan berhias

 


Nah itulah anak-anak video tentang iman kepada kitab-kitab Allah, semoga dengan video ini kalian bisa memahami makna diturunkan kitab-kitab tersebut yach

Sebelum bpk/ibu akhiri pembelajarannya agar mudah mengingat nama kitab-kitab Allah dan penerimanya yuk kita nyanyikan dengan nada pelangi-pelangi

Kitab-kitab Allah

Ada 4 macam

Zabur, Taurat, Injil

Dan juga Al-Qur’an

Zabur Nabi Daud

Taurat Nabi Musa

Injil Nabi Isa

Al-Qur’an Nabi Muhammad

Cukup sekian pembelajaran kita kali ini.Terima kasih atas perhatiannya. Tetap semangaat belajar dari rumah , gunakan waktu sebaik mungkin dan jangan lupa tetap berdoa dan jaga kesehatan. Semoga Allah swt sll melindungi kita semua. Aamiin.

Mari kita akhiri dengan bacaan hamdalah  doa kafaratul majlis . alhamdulilaahirobbil’alamiin subhanakalaahumma wabihamdika asyhadu anla ilahailla anta astaghfiruka waatuubu ilaik.

Assalamu’alaikumwarohmatullaahi wabarokaatuh

Silahkan disimak video dibawah ini!!!

MENGENAL KITAB-KITAB ALLAH SWT

LihatTutupKomentar