Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 5 BAB 3 Sesi 1

Orang Jujur Disayang Allah Swt

 

Assalamu’alaikumwarohmatullaahi wabarokaatuh

Haii anak-anak yang soleh dan solehah.

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian semua  selalu dalam keadaan sehat wal’afiat, semangat belajar dari rumah dengan senang dan ceria.

Anak-anak…Pada  pembelajaran kali ini kita akan belajar  tema Cita-citaku menjadi anak shalih. Materi tentang sifat jujur.

Sebelum itu, marilah  kita berdoa terlebih dahulu agar apa yang kita pelajari hari ini bisa bermanfaat dan mudah kita fahami.

Auzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmaanirrahim, Robbi zidni ilman, warzuqni fahman. Waj’alnii minasshoolihiin, aamiin.

Baik Anak-anak yang sholeh dan sholehah.

Tujuan pembelajaran kita kali ini adalah

·         Yang pertama, kalian dapat mengetahui ciri-ciri anak salih

·         dan yang ke dua agar kalian dapat mengetahui makna jujur dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Anak-anak Sholeh dan Sholehah apakah kamu pernah mendengar ada orang bercita-cita menjadi anak shālih? Biasanya kalau ada anak ditanya “Apa cita-citamu Nak?”. Jawabannya selalu saja “menjadi dokter” atau “menjadi insinyur”, atau “menjadi pilot”. Nah, pelajaran ini menampilkan sesuatu yang baru, yang dipelopori oleh seorang anak bernama Amin. Si Amin bercita-cita menjadi anak sālih. Walaupun kelak menjadi dokter, tetapi harus menjadi dokter yang sālih, atau insinyur yang sālih, dan pilot yang sālih. Apa arti “cita-cita” itu? Cita-cita adalah “keinginan (kehendak) yang selalu ada di dalam pikiran, berkeinginan sungguh-sungguh”. Nah, demikianlah si Amin, selalu saja dalam pikirannya berkeinginan menjadi anak sālih.  Kemudian, siapa yang dinamakan anak salih itu? Apa ciri-cirinya?  sālih artinya baik. Anak sālih berarti anak yang baik. Di antara ciri-ciri anak sālih adalah taat kepada Allah Swt., jujur, hormat dan patuh kepada  guru, setia kepada kawan, serta menghargai sesama.

            Anak-anak yang sholeh dan sholehah.

Selanjutnya kalian tahu kan apa itu jujur?

Makna dari jujur adalah lurus hati, tidak curang  dan tidak berbohong. Jadi bukan hanya perkataan yang benar tetapi juga perbuatan yang benar. Lawan dari kata jujur adalah bohong atau dusta. Nah contoh nya adalah berkata yang sebenarnya, jika menemukan barang atau dompet milik orang lain maka harus dikembalikan kepada orang yang memilikinya. Dan jika sedang bermain tidak boleh curang dan harus mengikuti aturan, tidak menyontek jika mengerjakan ulangan.

Anak-anak untuk semakin memahami makna kejujuran mari kita simak cerita di video berikut ini!

Video tentang anak yang jujur 

http:/youtu.be/SFK3bDVfXE0

Anak-anak yang sholih dan sholihah... dari video tadi kalian pasti sudah bisa merasakan bagaimana kejujuran Budi.Walaupun dia membutuhkan uang yang ia temukan, tapi tetap berpegang teguh tidak akan mengambil uang yang bukan haknya. Luar biasa bukan?

Semoga kita bisa mencontoh sikap Budi ya anak-anak….

Berikutnya, kepada siapa saja sich… kita harus bersikap jujur?

1.    Jujur kepada Allah Swt. Anak yang jujur kepada Allah Swt. Akan selalu menaati perintah Allah, dimanapun dan kapanpun. Seperti contoh mengerjakan shalat, mengaji dan belajar ilmu agama

2.   
Jujur kepada diri sendiri


Anak yang jujur kepada diri sendiri dia akan bertindak lebih hati-hati, seperti contoh tidak mencontek saat ulangan, mengembalikan buku perpustakaan, anak yang jujur kepada diri sendiri juga mampu melihat dan memperbaiki kesalahan yang telah diperbuatnya.

3.    Jujur kepada orang lain



 

 


      Semua orang pasti pernah berjanji. Misalnya, seorang siswa berjanji kepada bapak/ibu gurunya akan menyerahkan tugas PR pada hari dan tanggal tertentu. Bila siswa tersebut memenuhi janjinya, maka gurunya akan senang dan memberikan pujian. Apa yang terjadi jika siswa tersebut tidak menepati janjinya? Tuliskan jawabanmu pada buku catatan dan tunjukkan kepada gurumu. 

Cukup sekian pembelajarn kita kali ini.Terima kasih atas perhatiannya. Tetap semangaat belajar dari rumah , gunakan waktu sebaik mungkin dan jangan lupa tetap berdoa dan jaga kesehatan. Semoga Allah swt selalu melindungi kita semua. Aamiin.

Mari kita akhiri dengan bacaan hamdalah walhamdulillahi robbil ‘aalamiin. Subhaanakallahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illaa anta astaghfiruka wa atuuubu ilaik.

Wassalamu’alaikumwarohmatullaahi wabarokaatuh 

                                    Silahkan disimak video dibawah ini!!!



LihatTutupKomentar