Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 5 BAB 3 Sesi 3

 

Indahnya saling menghargai

 

Assalamu’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh

Haii anak-anak yang soleh dan solehah.

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian semua  selalu dalam keadaan sehat wal afiat, dan bpk/ibu harap kalian belajar PAI dan Budi Pekerti dari rumah dengan semangat dan gembira di chanel youtube kesayangan kita PAI TV Balikpapan Official.

Pada  pembelajaran kali ini kita masih belajar  tema yang sama yaitu Cita-citaku menjadi anak shalih dengan sub materi  indahnya saling menghargai

Anak-anak…, seperti biasa sebelum mengawali pelajaran, kita berdoa dulu ya.... agar apa yang kita pelajari hari ini bisa bermanfaat. Mari angkat kedua tangan tundukkan kepala dan berdoa bersama:

Auzu billahi minasy syaithonirrojim

Bismillahirrahmaanirrahim, Robbi zidni ilman, warzuqni fahman. Waj’alni minasshoolihiin, aamiin.

Tujuan pembelajaran kita kali ini adalah agar kalian bisa  memahami makna saling menghargai dan juga bisa menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum bpk/ibu jelaskan lebih lanjut, simaklah cuplikan video berikut ini!

https://youtu.be/xqeN3CqufNA video singkat tentang keberagaman Indonesia

Anak-anak yang sholih dan sholihah…Dari cuplikan video tadi ada gambaran kenapa kita harus saling menghargai? Bpk/ibu jelaskan ya…. Kita hidup di negara Indonesia yang memiliki banyak sekali keragaman, mulai dari suku, budaya, agama, bahasa, ras, dan golongan yang disatukan oleh semboyan negara kita, yaitu bineka tunggal ika, yang artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Islam juga mengajarkan kepada kita agar senantiasa menghargai sesama manusia, terlebih sesama muslim. Allah Swt berfirman dalam surah Al-Hujurat : 10

إِنَّمَا ٱلۡمُؤۡمِنُونَ إِخۡوَةٞ فَأَصۡلِحُواْ بَيۡنَ أَخَوَيۡكُمۡۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُونَ 

 Artinya : “Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah Swt supaya kamu mendapat rahmat”.

Lantas, Bagaimanakah cara kita hidup dalam keragaman?

Hidup  dalam keragaman itu tentu saja kita harus saling menghargai.

Apa itu saling menghargai ??

Saling menghargai adalah saling menghormati, mengindahkan dan memandang penting kepada orang lain.  Itu adalah pengertian dari saling menghargai,  kemudian bagaimana contoh dari sikap saling  menghargai kepada orang lain ? Bpk/ibu akan memberikan 3 contoh

1. Menghargai pendirian orang lain

Setiap orang memiliki pendiriannya masing-masing, meskipun sama agamanya sudah menjadi sunnatullah pastilah ada perbedaan pendirian didalamnya, misalnya didalam agama Islam terdapat sedikit perbedaan didalam sholat subuh. Ada yang melakukan doa qunut dan ada yang tidak melakukannya, semua itu tergantung pada pendirian masing-masing, pendirian inilah yang harus kita hargai, karena semua ada tuntunannya. Yang terpenting adalah dilaksanakannya sholat subuh sesuai dengan tuntunan Islam yang diyakininya. Meraka yang berqunut dan yang tidak berqunut tetap saja sah sholat subuhnya. Kemudian yang ke dua adalah

2. Menghargai agama dan keyakinan orang lain

Di Indonesia saat ini ada 6 agama yang diakui yaitu islam, katolik, protestan, hindu, budha dan konghucu. Semua itu adalah keyakinan yang harus kita hargai.

Contoh menghargai keyakinan ini adalah menghormati dan menghargai perayaan hari besar keagamaan, mempersilahkan teman yang berbeda agama untuk beribadah sesuai keyakinannya dan mau bermain dengan teman yang berbeda agama.

Dan contoh selanjutnya adalah 

3. Menghargai pendapat orang lain

Perhatikan gambar berikut !

Ahmad dan teman temannya sedang belajar kelompok, masing-masing siswa mengemukakan pendapatnya tentang bagaimana seharusnya bersikap terhadap orang tua. Ahmad sebagai pemimpin diskusi cukup bijaksana. Semua pendapat teman-temannya dihargai dan dihimpun secara tertulis, kemudian ia mengajak teman-temannya merangkum berbagai pendapat tersebut.

Nah anak-anak yang sholeh sholehah, itulah tadi contoh contoh sikap saling menghargai..Jadi kita harus  saling menghargai pendirian orang lain, menghargai keyakinan orang lain dan  menghargai pendapat orang lain karena banyak sekali manfaat dari saling menghargai  yaitu :

1.    Dapat mempererat persatuan dan kesatuan sesama manusia

2.    Hidup akan tentram dan damai

3.    Dan dengan saling menghargai kita akan mendapat pahala dari Allah Swt.

Baiklah anak-anak sholeh dan sholehah demikian penjelasan bapak/ ibu tentang indahnya saling menghargai. Semoga kita bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

Terima kasih atas perhatiannya. Tetap semangaat belajar dari rumah, gunakan waktu sebaik mungkin & jaga kesehatan. Semoga Allah swt selalu melindungi kita semua. Aamiin.

Akhiri dengan membaca Hamdalah, walhamdulillahirobbil’aalamiin.

Oya,anak-anak jangan lupa untuk selalu belajar Bersama di chanel PAI TV BALIKPAPAN OFFICIAL dan Jangan lupa untuk klik like, coment, subscribe Chanel ini ya serta di share ke teman-teman kalian ya.

Wassalamu’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh

                                        Silahkan disimak video dibawah ini !!!

                        Indahnya saling menghargai

LihatTutupKomentar