Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 5 BAB 4 Sesi 1

 PUASA DI BULAN RAMADHAN


Assalamu’alaikum wr wb

Hai anak-anak shilih dan sholihah….

Apa kabar kalian semuanya? Bpk/ibu harap kita semua dalam keadaan sehat wal’afiyat, tetap semangat belajar melalui channel kesayangan kita PAI TV Balikpapan Official, channel edukatif, inspiratif, sahabat belajar di masa pandemi. Mari kita sama-sama  like, comen dan subcrib ya… agar chanel ini bisa lebih berkembang dan bermanfaat untuk kita semua.

Sepert biasa, mari kita awali pembelajaran kali ini dengan berdo’a.

Angakat ke dua tangan kalian

Bismillahiirohmaanirrohiim

Robbi zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa. Waj’alnii minash shoolihiin, aamiin.

Anak-anak… tidak terasa ya… kita udah sampai pada pembelajaran 4. Bulan Ramadhan yang Indah. Materi pertama pada bab ini adalah Puasa di bulan Ramadhan. Tujuan pembelajaran kali ini adalah kalian dapat memahami makna dan cara berpuasa di bulan Ramadhan.

Bapak/ibu mau nanya nih, siapa yang senang dengan datangnya bulan Ramadhan? Bpk/ibu yakin pasti kalian semua bersuka dengan datangnya bulan Ramadhan bukan…..

Bulan ke-9 dari 12 bulan Hijriyah ini memiliki banyak keistimewaan. Sehingga datangnya bulan Ramadhan selalu dinanti-nantikan oleh setiap umat Islam di manapun ia berada.

Rasulullah Saw bersabda : man fariha bi dukhhuuli romadhoon, harromallahu jasadahu ‘alanniiiroon…, barang siapa yang bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya dari api neraka.

Luar biasa bukan…

Tentunya suka cita kita dengan datangnya bulan suci ramadhan ditunjukkan dengan bentuk ibadah yang sungguh-sungguh, contohnya seperti ibadah puasa yang diwajibkan selama 1 bulan penuh di bulan Ramadhan.

Apa itu Puasa?

Puasa merupakan rukun Islam yang ke-3

Puasa dalam bahasa arab berasal dari kata shuom atau siyam. Yang artinya menahan.

Sedangkan menurut istilah syariat puasa adalah amal ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari sesuati yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar sampai dengan terbenamnya matahari disertai dengan niat  dengan syarat dan rukun tertentu.

Jadi misalkan ni.. si Udin tidak makan dan minum seharian dari pagi sampai magrib, tapi si Udin tidak  niat puasa… itu termasuk puasa apa tidak? Jawabannya tidak ya anak-anak… karena puasa harus dengan niat, syarat dan rukun tertentu yang harus di penuhi.

Perintah puasa ada dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah : 183

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ  

Artinya : “ Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”.

Nah anak-anak… berikutnya akan bpk/ibu jelaskan syarat wajib dan  syarat sah puasa, rukun puasa serta hal-hal yang membatalkannya.

Kalian pasti masih bertanya-tanya apa bedanya syarat wajib dan syarat sah itu?

Syarat wajib adalah syarat-syarat yang menjadikan seseorang itu wajib untuk melakukan ibadan tersebut, sedangkan syarat sah adalah syarat yang harus dipenuhi agar ibadah yang dilakukan tersebut sah dan diterima di sisi Allah Swt

Berikut syarat wajib puasa antara lain :

1. Beragama islam

2. Baligh

3.    Berakal sehat

4.    Mampu melaksanakan puasa.


Sedangkan syarat sah puasa antara lain:

1.  Islam

2.    Berakal sehat

3.    Mumayyiz/tamyiz

4.    Suci hari haid dan nifas

5.    Dalam waktu yang diperbolehkan puasa.


Sekarang rukun puasa. Rukun puasa itu adalah sesuatu yang harus dipenuhi disaat kita melakukan ibadah puasa.

Ada 2 rukun puasa

            1. Niat di malam hari.

Niat puasa bila dilafalkan adalah sebagai berikut:

Nawaitu shoumaghodin ‘an adaa i fardi syahri romadhoona haadzihis sanati fardol lillaahi ta’aala.

Artinya : Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahin ini, fardu karena Allah Ta’ala

2.    Menahan diri dari makan dan minum dan segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar sampai dengan terbenamnya matahari. Atau dengan kata lain, dari Subuh sampai Maghrib.

Sekarang anak-anak perlu tahu juga nih, apa saja hal-hal yang membatalkan ibadah puasa.

Hal-hal yang membatalkan ibadah puasa antara lain :

1. Makan dan minum dengan sengaja

2.    Muntah dengan sengaja

3.    Keluar darah haid dan nifas

4.     Hilang akal

5.    Murtad (keluar dari Islam)

Anak-anak yang sholih dan sholihah… itulah penjelasan tentang tata cara ibadah puasa. Selanjutnya di pertemuan berikutnya akan bpk/ibu bahas mengenai amalan-amalan sunnah dan hikmah dari puasan di bulan Ramadhan.

Terimakasih atas perhatiannya. Jangan lupa saksikan terus PAI TV balikpapan Official. Channel edukatif, inspiratif, dan sahabat belajar di masa pandemi.

Kita akhiri pembelajaran ini dengan mengucapkan hamdalah, Alhamdulillahirobbil ‘aalamiin

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Silahkan disimak video dibawah ini !!!



LihatTutupKomentar