Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Pentas Seni & Keterampilan PAI SD Kota Balikpapan

Pentas Seni & Keterampilan PAI SD

Kota Bailkpapan 


Balikpapan-Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) Tingkat Kota Balikpapan merupakan agenda kegiatan rutin setiap setahun sekali yang diselenggarakan Pengurus KKG PAI SD se-Kota Balikpapan. PENTAS PAI merupakan wahana kompetisi dalam mengaktualisasikan dan menumbuh kembangkan minat serta bakat peserta didik di jenjang Sekolah Dasar. Kegiatan ini merupakan wadah pembinaan dan aktualisasi bagi peserta didik untuk menerima, memahami, mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. PENTAS PAI yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari mulai tingkat sekolah satuan pendidikan sampai tingkat nasional merupakan perhelatan nasional yang strategis dan sangat dinantikan.

Kegiatan PENTAS PAI ditingkat kota mulai digelar kembali pada tahun ini karena pandemic Covid-19 yang melanda diseluruh belahan dunia maka tertunda dan tidak dilaksanakan selama 2 tahun.. Kegiatan ini diinisiasi untuk dijadikan instrumen pembinaan dan pemantauan serta evaluasi perkembangan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan Agama Islam ditingkat kota.  

Salah satu cara untuk mencapai keberhasilan pendidikan di kecamatan, maka perlu melibatkan beberapa komponen yang terkait. Pelibatan seluruh komponen yang terkait dan terpadu merupakan katalisator terwujudnya masyarakat Indonesia yang berkualitas, terampil, cerdas, maju, mandiri dan modern. Melahirkan insan-insan terpelajar yang terkonstruksi menjadi masyarakat sosial baru yang memiliki kemampuan menyatukan dan mempererat struktur sosial yang ada dari pengaruh faham transnasional yang intoleran, dan mengancam disintegrasi bangsa. Melahirkan generasi yang memiliki identitas bangsa yang kuat dan memiliki kesadaran kolektif yang menghargai keragaman budaya, ras, suku-bangsa dan agama.

PENTAS PAI sebagai wahana kompetisi siswa di bidang keterampilan dan seni Pendidikan Agama Islam, maka pada penyelenggaraan PENTAS PAI SD Tingkat Kota Balikpapan Tahun 2022 memperlombakan 4 (empat) kelompok jenis mata lomba sebagai berikut:

(1) Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) (Putra & Putri)

(2) Lomba Pidato PAI (LPP) (Putra & Putri)

(3) Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) (Putra & Putri)

(4) Lomba Kaligrafi Kontemporer (Putra & Putri )

        Pembukaan PENTAS PAI dilaksanakan pada hari Rabu, 9 November 2022 di halaman SDN 009 Balikpapan Barat yang dihadiri oleh Perwakilan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Perwakilan Kepala Kementrian Agama Kota Balikpapan dan seluruh pengawas PAI SD se-Kota Balikpapan.

Bapak Bukhori mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan yang sekaligus membuka kegiatan lomba tersebut, memberi apresiasi yang setinggi-tingginya untuk kegiatan ini dengan tujuan menumbuh kembangkan kreativitas dan potensi siswa dalam bidang agama. beliau juga menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan akan mensuport penuh untuk kegiatan ini tahun depan semoga kegitan ini bisa memotivasi siswa generasi selanjutnya untuk belajar lebih tekun dan punya kreativitas yang baik demi menjaga kelancaran, kesuksesan, efektifitas, dan efisiensi pelaksanaan pendidikan. (Isk)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari kkgpaibalikpapan.com. Mari bergabung juga di Channel Youtube paitvbalikpapan".

LihatTutupKomentar