Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 1 BAB 3 Sesi 2

 

Allah SWT itu Esa

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Haii, anak-anak shalih dan shalihah.

Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Kembali lagi dalam channel kebanggaan kita PAI TV Balikpapan Official. Tetap semangat ya anak-anak walaupun kita belajarnya dari rumah. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan selalu berdoa.

Anak-anak shalih dan shalihah

Sebelum memulai pelajaran seperti biasa marilah kita berdoa terlebih dahulu agar pembelajaran hari ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapat rahmat dari Allah SWT.

Ayo angkat kedua tangan nya, tundukkan kepala dan siap baca doa.

Doa Sebelum Belajar.

A’uudzu billaahi minasy syaithaanirrajiim.

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Robbizidni ‘ilman war zuqni fahman.

Waj’alni minas sholihin.

Nah, anak-anak shalih dan shalihah, pada pembelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari tentang Allah SWT itu ada, hari ini kita masih belajar di pembelajaran 3, di pertemuan kedua yaitu materi tentang Allah SWT itu Esa.

Anak-anak shalih dan shalihah

Apakah anak-anak masih ingat iman kepada Allah SWT merupakan rukun iman yang keberapa yaaa? Yaaa benar sekali iman kepada Allah SWT merupakan rukun iman yang pertama atau ke satu.

Anak-anak apasih artinya esa? Esa artinya Allah itu satu atau tunggal, tiada Tuhan selain Allah. Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang patut kita sembah. Allah SWT Maha menciptakan segala yang ada di langit dan di bumi.

Coba anak-anak perhatikan gambar berikut ini, pada gambar ada seorang anak laki-laki dan perempuan. Sedang apa mereka? Mereka sedang menunjukkan kalau mereka mempunyai anggota tubuh yaitu ada apa saja nak? ada tangan, kaki, dan mulut. Nah itu semua  adalah ciptaan Allah SWT. Dan setiap anggota tubuh yang diciptakan Allah SWT mempunyai nama dan manfaat. Nah anak-anak coba kita angkat tangan kita, apa nak gunanya tangan ini? Gunanya tangan adalah untuk memegang, menulis, menggenggam barang-barang. Allah juga menciptakan mata, mata gunanya untuk melihat. Selanjutnya Allah ciptakan kaki, apa guna kaki nak? Guna kaki adalah untuk berdiri menopang tubuh kita, berjalan, juga berlari, kemudian juga masih banyak anggota tubuh yang lain seperti mulut, apa guna mulut nak? Guna mulut adalah untuk berbicara tentunya berbicara yang baik-baik, kemudian juga mulut kita gunakan untuk makan.

Kemudian masih banyak anggota tubuh yang lain, dapat kita perhatikan tubuh kita sendiri ya nak. Ada apa saja yang Allah ciptakan di tubuh kita. Nah, karena Allah telah memberi anggota tubuh yang lengkap, maka kita wajib bersyukur kepada Allah SWT. Bagaimana nak cara kita bersyukur? Cara kita bersyukur yaitu tentunya kita selalu mengucap Alhamdulillahi rabbil alamiin, kemudian menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Selanjutnya pada gambar kedua yaitu lihat lingkungan di rumah. Pada gambar, terdapat anggota keluarga ada ayah, ibu, kakak dan adik. Siapa yang menciptakan ayah? ya benar yang menciptakan adalah Allah SWT. Begitu juga dengan ibu, kakak dan adik juga ciptaan Allah. Maka sikap kita adalah kita harus selalu bersyukur kepada Allah SWT, dengan adanya keluarga, kita dapat merasakan kebahagiaan.


Selanjutnya gambar ketiga yaitu lihat lingkungan di sekolah, terlihat  ada 3 orang anak yang sedang bermain lompat tali. Mereka terlihat senang bermain bersama. Kalian semua pasti senang kan bermain bersama-sama teman. Siapa disini yang pernah memperhatikan temannya ada teman yang berbeda warna kulit, berbeda suku, berbeda sifat dan sebagainya. Itu semua adalah ciptaan Allah SWT kita harus saling menyayangi sesama teman.


Di gambar terakhir terlihat ada bapak guru yang sedang mengajar dikelas. Guru selalu membimbing kita untuk membaca, menulis, berhitung dan mengaji. Ini menunjukkan bahwa kita membutuhkan guru. Kita tidak bisa hidup sendiri, maka sikap kita adalah harus menghormati guru, sopan santun, dan bersikap baik kepada guru.

Anak-anak shalih dan shalihah

Alhamdulillah pembelajaran kita tentang Allah SWT itu Esa sudah selesai semoga kalian bisa memahami yaaa materi yang sudah ibu sampaikan.

Jangan lupa tonton juga videonya ya...!!!

Allah SWT itu Esa



LihatTutupKomentar