Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 1 BAB 5 Sesi 2


KISAH TELADAN NABI NUH a.s & NUH a.s

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Haii, anak-anak shalih dan shalihah.

Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Tetap semangat ya anak-anak.

Hari ini kita akan belajar di pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 SD. Sebelum memulai pelajaran marilah kita berdoa terlebih dahulu agar pembelajaran hari ini dapat bermanfaat, berjalan dengan lancar dan mendapat rahmat dari Allah SWT.

 

Angkat kedua tangannya. Siap baca do’a.

Doa Sebelum Belajar.

A’uudzu billaahi minasy syaithaanirrajiim.

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Robbizidni ‘ilman war zuqni fahman.

Waj’alni minas sholihin.

 

Nah, anak-anak yang sholih dan sholihah, pada pembelajaran sebelumnya kita sudah belajar materi tentang teladan Nabi Adam a.s. Pada pembelajaran kali ini kita akan membahas materi tentang eladan Nabi Nuh a.s., dan Nabi Hud a.s

Teladan Nabi Nuh a.s., Nabi Nuh a.s adalah utusan Allah SWT. Kaum Nabi Nuh a.s banyak yang menyembah patung. Allah mengutus Nabi Nuh agar mengajak kaumnya untuk menyembah Allah dan meninggalkan sesembahan selain Allah. Nabi nuh a.s mengingatkan kaumnya, ada yang mengikuti dakwahnya akan tetapi ada juga yang tidak mau mengikuti dakwahnya bahkan istri dan salah satu anaknya juga menolak dakwahnya. Nabi nuh a.s tidak berputus asa ia terus berdakwah kepada kaumnya, di malam dan siang hari. Nabi nuh a.s tetap bersabar mendakwahi kaumnya. Akan tetapi yang mau mengikuti seruannya hanya beberapa orang saja maka nabi nuh a.s pun bersedih karena kaumnya tidak mau memenuhi ajakannya, bahkan meminta disegerakan azab untuk mereka yang menolak ajakannya.

Hanya sedikit dari mereka yang mau bertaubat. Nabi Nuh kemudian berdoa kepada Allah agar diberi petunjuk dalam membimbing umatnya. Allah berfirman agar nabi nuh membuat kapal yang besar, kapal itu nantinya akan menyelamatkan manusia dari banjir yang akan segera datang. Nabi nuh mengingatkan umatnya, bahwa banjir besar akan datang dan hanya Allah lah yang bisa menyelamatkan mereka semua. Umat nabi nih tidak percaya, dan mereka tetap menyembah berhala. Kapal telah selesai dibuat, nabi nuh dan pengikutnya telah bersiap-siap, sesuai dengan perintah Allah, nabi nuh membawa hewan yang masing-masing sepasang jantan dan betina.

Hukuman datang  bagi orang-orang yang tak beriman. Dengan cuaca yang panas, hujan dan badai datang dengan cepat, banjir besar menghancurkan dan menenggelamkan semua yang ada. Setelah badai berhenti, nabi nuh dan pengikutnya membuat suata pemukiman. Nabi nuh terus berjuang untuk berdakwah, hingga usia 950 tahun.

 

Nah anak-anak sholih dan sholihah

Kisah ini diambil dari surah al-Ankabut ayat 14 dan ayat 15.

Surah al-Ankabut ayat 14

Artinya : “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, maka ia tinggal di antara mereka seribu tahun kurang lima puluh tahun. Maka mereka ditimpa banjir besar, dan mereka adalah orang-orang yang zalim.

Surah al-Ankabut ayat 14

Artinya : “Maka Kami selamatkan Nuh dan penumpang-penumpang bahtera itu dan Kami jadikan peristiwa itu pelajaran bagi semua umat manusia.

 

Jadi anak-anak sifat terpuji yang dapat kita jadikan teladan dari Nabi Nuh a.s adalah suka bekerja keras. Nah anak-anak sebagai pelajar bukti bahwa kita meneladani sifat terpuji Nabi Nuh a.s kita harus taat kepada Allah dalam kondisi apapun, sebagi seorang siswa harus belajar, bekerja keras belajar setiap hari agar kita menjadi pandai dan kelak cita-cita kalian tercapai.

 

Anak-anak sholih dan sholihah

Selanjutnya teladan Nabi Hud a.s., Nabi Hud a.s juga merupakan utusan Allah SWT. Nabi hud a.s diutus setelah nabi nuh a.s. nabi Hud diutus Allah untuk berdakwah kepada kaum ‘ad yang tinggal di pegunungan al ahqaf. Orang ‘ad pintar memahat bangunan, mereka hidup dalam kemakmuran, akan tetapi yang mereka sembah bukan Allah SWT melainkan mereka menyembah berhala. Nabi Hud a.s menasihati kaumnya agar bertaubat kepada Allah memohon ampun dari kesesatan, tetapi kaum ‘ad menolak dan tidak percaya kalau nabi Hud a.s adalah utusan Allah. Kemudian nabi Hud a.s memohon kepada Allah agar memberi pelajaran kepada kaumnya, kaum ‘ad ditimpa musim kemarau panjang selama 3 tahun dan tidak ada hujan, semua  tanaman mati kekeringan, hewan-hewan pun mati kehausan, lalu datanglah awan hitam bergulung-gulung disertai angin topan yang sangat kencang.

Kaum ‘ad mendapatkan azab dari Allah tidak ada seorang pun yang selamat begitulah nasib orang-orang yang tidak mau menyembah Allah SWT. Sifat mulia  dari nabi Hud a.s diantaranya sabar, gigih, tegas, dan tidak mudah marah-marah. Sifat mulia itu ditunjukkan nabi Hud a.s ketika berdakwah menghadap kaum ‘ad yang sangat membangkang.

Jadi anak-anak sifat terpuji yang dapat kita jadikan teladan dari Nabi Hud a.s adalah apabila kita diejek atau diolok oleh teman maka kita tidka boleh membalas setiap ejekan dengan kata-kata yang kasar namun cukup membalas dengan kata-kata yang halus. Allah sangat mencintai orang-orang yang berakhlak mulia. Kemudian keteladanan yang patut kita tiru dari kisah nabi Hud a.s adalah kegigihannya dalam membimbing umat manusia kejalan yang benar.

 

Anak-anak shalih dan shalihah

Alhamdulillah pembelajaran kita tentang teladan nabi Adam a.s, Nabi Nuh a.s, dan Nabi Hud a.s sudah selesai semoga kalian bisa memahami materi yang sudah ibu sampaikan, menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua dan dapat kalian aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin Allahumma Aamiin.

Sebelum ibu mengakhiri pembelajaran kali ini, ibu mau mengajak kalian untuk bernyanyi bersama-sama.

Judul lagunya           : Sifat Rasul

Nada lagunya           : salawat, yang dipopulerkan oleh band Wali

Mari anak-anak kita bernyanyi bersama-sama

 

Ayo kawan coba jawab

Sifat Rasul ada berapa

Ada empat itu jumlahnya

Marilah kita sebutkan

 

Sifat sidik artinya benar

Amanah dapat dipercaya

Sifat tabligh menyampaikan

Fatanah cerdas artinya

 

Baik anak-anak sholih dan sholihah. Sekian pembelajaran kita di kesempatan kali ini, terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat. Kurang dan lebihnya ibu mohon maaf. Kita akhiri dengan bersama-sama membaca hamdalah, alhamdulillahi robbil ‘aalamiin. Subhaanakallohumma wa bihambika asyhadu allaailaaha illaaa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Tsummassalaamu ‘alaikum wr wb.

Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!!

KISAH TELADAN NABI NUH a.s & NUH a.s



LihatTutupKomentar