Selamat Datang di Blog KKG PAI Balikpapan, Silahkan dibaca dan dipelajari untuk adik-adik yang saat ini belajar di rumah

Penjelasan Materi PAI Kelas 1 BAB 5 Sesi 1


KISAH TELADAN NABI ADAM a.s

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Haii, anak-anak shalih dan shalihah.

Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Tetap semangat ya anak-anak.

Hari ini kita akan belajar di pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 SD. Sebelum memulai pelajaran marilah kita berdoa terlebih dahulu agar pembelajaran hari ini dapat bermanfaat, berjalan dengan lancar dan mendapat rahmat dari Allah SWT.

Angkat kedua tangannya. Siap baca do’a.

Doa Sebelum Belajar.

A’uudzu billaahi minasy syaithaanirrajiim.

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Robbizidni ‘ilman war zuqni fahman.

Waj’alni minas sholihin.

Nah, anak-anak yang sholih dan sholihah, Hari ini kita memasuki pelajaran 5 yaitu Cinta Nabi dan Rasul, materi teladan Nabi Adam a.s., Nabi Nuh a.s., dan Nabi Hud a.s

Anak-anak ada yang tahu tidak siapa itu Nabi dan Rasul? Nabi dan rasul adalah utusan Allah SWT., mereka mengajarkan akhlak yang mulia. Agar manusia hidup selamat dan bahagia di dunia dan di akhirat.

Nah pada pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang teladan Nabi Adam a.s.  Sebelum Nabi Adam a.s diciptakan, Allah SWT sudah menciptakan langit, bumi, malaikat dan iblis. Tentu anak-anak sudah tahu kan siapa Nabi Adam a.s itu? Nabi Adam a.s adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Setelah nabi Adam diciptakan kemudian Allah menciptakan istrinya atau pasangannya yang bernama Siti Hawa, ia selalu taat kepada Allah SWT.

Allah memerintahkan malaikat, jin dan iblis untuk sujud kepada Nabi Adam, namun iblis tidak mau bersujud karena merasa lebih mulia. Setelah kejadian itu Allah mengusir iblis dari surga, iblis pun dendam kepada Nabi Adam dan t akan menggoda Nabi Adam supaya berbuat dosa dan diusir dari surga. Di surga Nabi Adam a.s dan Siti Hawa diperbolehkan untuk makan semua maknan kecuali satu buah yaitu buah khuldi. Ketika iblis mengetahui hal itu iblis menggoda nabi Adam agar memakan buah itu. Iblis membujuk, merayu, menipu nabi Adam dan Siti Hawa. Nabi Adam dan Siti Hawa pun tergoda dan memakan buah itu. Nabi Adam dan Siti Hawa kemudian dihukum. Allah menurunkan mereka ke bumi di tempat yang berbeda. Nabi Adam menyesal atas perbuatannya yang melanggar larangan Allah. Nabi Adam berjanji untuk tidak mengulanginya. Nabi Adam dan Siti Hawa bertaubat memohon ampun dan selalu berdoa. Allah pun menerima taubat serta doa Nabi Adam dan Siti Hawa. Beratus tahun kemudian mereka baru dipertemukan di sebuah bukit bernama Jabal Rahmah yang ada di Arafah di wilayah Mekkah. Nabi Adam dan Siti Hawa pun bersyukur atas perjumpaan itu. Lalu Nabi Adam dan Siti Hawa membangun rumah, merekapun hidup bahagia dan melahirkan anak cucu.

Kisah Nabi Adam a.s memberikan contoh kepada kita agar menjadi orang yang berhati-hati, ketika kita berbuat dosa segera meminta maaf dan bertaubat. Tidak boleh mengulangi kembali perbuatannya. Allah pasti akan memaafkan apabila kita bersungguh-sungguh. Jika kita berbuat salah terhadap orang lain. Maka yang kita lakukan adalah segera meminta maaf dan apabila kita berdosa atau berbuat salah kepada Allah maka kita harus bertaubat dengan memohon ampun kepada Allah SWT.

Anak-anak shalih dan shalihah

Alhamdulillah pembelajaran kita tentang teladan Nabi Adam a.s sudah selesai semoga kalian bisa memahami materi yang sudah ibu sampaikan, menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kalian semua dan dapat kalian aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin Allahumma Aamiin. Sebelum ibu mengakhiri pembelajaran kali ini, kita nyanyi bersama-sama dulu yaaa.

Judul lagunya           : Kisah Nabi Adam

Nada lagunya           :  Kampuang Nan Jauh di Mato

Mari anak-anak kita bernyanyi bersama-sama

 

Nabi Adam alaihissalam

Yaitu manusia pertama

Allah menciptakan nya dari tanah

Dan hidup di dalam surga

 

Nabi Adam alaihissalam

Nabi Adam di dalam surga

Mengalir sungai-sungai amat indah

Dan banyak buah-buahan

 

Ada satu larangan Allah

Untuk tidak memakan buah khuldi

Tetapi iblis pun menggoda Adam

Dan Adam pun memaknnya

 

Nabi Adam pun menyesal

Telah melanggar larangan Allah

Nabi Adam pun diturunkan ke bumi

Dan iblis merasa senang

 

Baik anak-anak sholih dan sholihah. Sekian pembelajaran kita di kesempatan kali ini, terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat. Kurang dan lebihnya ibu mohon maaf. Sampai bertemu di pembelajaran berikutnya yaitu tentang teladan Nabi Nuh a.s dan Nabi Hud a.s. Mari kita akhiri dengan bersama-sama membaca hamdalah, alhamdulillahi robbil ‘aalamiin. Subhaanakallohumma wa bihambika asyhadu allaailaaha illaaa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Tsummassalaamu ‘alaikum wr wb.

Anak-anak bisa langsung simak juga videonya...!!!

KISAH TELADAN NABI ADAM a.s



LihatTutupKomentar